Penanganan Darurat AC Mobil Mati di Saat Hujan
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Rabu, 6 September 2017 10:02 WIB
Ilustrasi kaca mobil di saat hujan. TEMPO/Wawan Priyanto.

TEMPO.CO, Jakarta - Kejadian AC mobil tiba-tiba tidak berfungsi saat berkendara bisa menimpa siapa saja dan kapan saja, termasuk ketika hujan sedang turun. AC mobil tiba-tiba mati bisa disebabkan oleh beberapa hal. Bisa dari fuse (sekring) yang putus, freon habis karena terjadi kebocoran, dan lain sebagainya.

Bukan cuaca panas karena AC mati yang menjadi kendala saat berkendara di waktu hujan, tapi efek embun di kaca yang menjadi masalah. Otomatis penglihatan pengemudi akan terganggu. Embun ini muncul karena suhu di dalam kabin kendaraan lebih panas dibanding di luar kabin.

Baca: Cara Mudah Menghilangkan Jamur di Kaca Mobil

Nah, karena sifatnya darurat, dalam arti tidak mungkin melakukan perbaikan pada AC saat itu juga, perlu ada penanganan untuk mengatasi masalah embun di mobil.

Anggota komunitas Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI) Dimas Rangga Panji Aditya punya trik sederhana untuk mengatasi masalah tersebut. Yakni dengan menggunakan sabun colek. “Seperti angkot saja, mas. Kan mereka ngga pakai AC. Jadi diibaratkan AC mobil sedang mati. Kalau hujan ya pakai sabun colek ini. Bisa menghilangkan embun di kaca,” kata Dimas di Showroom Auto 2000, Kelapa Gading, Jakarta, 5 Septmeber 2017.

Caranya, kata dia, cukup oleskan sedikit sabun colek ke bagian dalam kaca lalu diseka dengan kain bersih. Zat yang terdapat pada sabun colek dan menempel di kaca itulah yang akan menghilangkan embun.

Simak: Agar Karet Wiper Tak Cepat Rusak

Dimas merupakan salah satu peserta touring menggunakan mobil Toyota Kijang dan Toyota Avanza Veloz ke Malaysia dan Brunei Darussalam. Touring yang menempuh jarak 3.000 kilometer ini juga diikuti Toyota Kijang Buaya buatan 1981 dan Kijang Doyok buatan 1983. Dua model itu tidak dilengkapi dengan AC. “Beberapa kali kami melaju dalam guyuran hujan dalam perjalanan dari Malaysia menuju Brunei Darussalam. Sabun colek itu yang membantu kami menghilangkan embun pada kaca mobil,” ujarnya.

Pada 12 Agustus 2017, Dimas dan 24 peserta lainnya melakukan touring kemerdekaan menggunakan 7 mobil Kijang dari berbagai generasi dan 4 mobil Avanza Veloz melintasi 3 negara. Start dari Pontianak, singgah di Malaysia (Kuching), dan upacara bendera memperingati kemerdekaan RI ke-72 di Kedutaan Besar RI untuk Brunei Darussalam. Seluruh peserta kembali ke Pontianak, Kalimantan Barat pada 24 Agustus 2017, dan secara simbolish finish dirayakan di Showroom Auto 2000, Kelapa Gading, Jakarta, 5 September 2017.

WAWAN PRIYANTO 

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi