Ali Adrian vs Galang di WorldSSP 300 Portugal, Siapa Unggul?
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 15 September 2017 10:03 WIB
Galang Hendra Pratama melakukan latihan dengan Yamaha YZF-R3 di Italia.

TEMPO.CO, Jakarta - Dua pembalap sepeda motor asal Indonesia Ali Adriansyah Rusmiputro dan Galang Hendra Pratama aka beradu cepat di World Supersport 300 di Portugal, 15-17 Agustus 2017.

Keduanya akan mulai turun di sirkuit Autodromo Internacional do Algarve, Portimoa. Ali turun bersama Pertamina Almeria Racing Team, sedangkan Galang memperkuat Team MotoX Racing. Tim ini mendapatkan dukungan langsung dari Yamaha Motor Europe dan Pirelli. Ali Adriansyah. ashmotorsport.net.

Ali merupakan pembalap reguler di kelas WorldSSP 300. Ia sudah turun sejak putaran pertama di Aragon, Spanyol, pada 2 April 2017. Di seri perdana, Ali tidak mampu finish. Ia terpaksa kembali ke pit 3 laps menjelang finish karena gangguan teknis pada sepeda motornya. Di seri selanjutnya di Sirkuit Assen, Belanda, Ali kembali gagal finish. Ia terjatuh di tikungan 10, hanya 1 lap menjelang finish.

Baca: Hadapi WSSP300 di Portugal, Ali Adriansyah Akan Lebih Agresif

Prestasi Ali membaik di seri Autodromo Internazionale Enzo e Dino Ferrari, Imola, Italia. Di Free Prantice I, Ali berada di peringkat 21 tercepat. Posisinya naik ke peringkat 18 di Free Practice II. Lalu naik dua peringkat di kualifikasi. Mengawali start dari posisi ke-16, Ali mampu finish di posisi ke-14 dan berhak meraih poin perdana.

Seri berikutnya digelar di Donington Park, Inggris. Di sirkuit ini, Al tampil cukup apik dengan finish di posisi ke-7. Sayang, penampilan apik Ali gagal terulang di seri Misano, Italia. Ali terjatuh di lap ke-11, setelah sebelumnya berhasil merangsek ke posisi ke-7 meski start dari posisi ke-20.

Dewi fortuna kembali ke pundah Ali di seri EuroSpeedway Lausitz, Jerman. Ia finish di posisi ke-12. Dari 6 seri yang sudah dilalui, Ali kini berada di peringkat ke-18 dengan 15 poin. Setelah pada putaran sebelumnya di Sirkuit Lausitzring sukses mendulang poin, pebalap Pertamina Almeria Racing Team itu kembali akan mencoba untuk tetap tampil konsisten. "Kami akan maksimal di setiap sesi, dan akan coba untuk selalu tetap di rombongan depan," ucap Ali Adriansyah Rusmiputro.

Simak: Hasil Tes Galang Hendra Hanya Berselisih 0,2 Detik dari CIV 2016

Optimisme juga ada di kubu Galang Hendra Pratama. General Manager Motorsport & Aftersales Service Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Muhammad Abidin mengatakan Galang meraih hasil positif ketika melakukan test menggunakan Yamaha R3 spesifikasi WorldSSP 200 di 2 sirkuit di Italia.

“Galang mampu beradaptasi dengan cepat. Kami berharap hasil yang sama atau lebih baik lagi di latihan bebas, kualifikasi, dan balapan di akhir pekan nanti,” kata Abidin kepada Tempo via WhatsApp, Jumat, 15 September 2017.

Galang Hendra berlatih di Italia. Foto/Yamaha Racing Indonesia

Latihan yang dimaksud Abidin adalah di Sirkuit Vellelunga dan Sagittario International, Latina, Italia. Latihan digelar sepekan sebelum berangkat ke Portugal. Di Vallelunga, Galang yang mengendarai YZF-R3 sanggup mencatat waktu 1 menit 53,56 detik  dan ini hanya terpaut 0,2 detik saja dari catatan waktu tercepat balap CIV 2016.

Galang yang merupakan pembalap didikan Valentino Rossi (VR46) ini juga memecahkan rekor catatan waktu terbaik saat melakukan tes kedua di trek Sagittario International, Latina, Italia pada 6 September 2017. Galang Hendra sukses membukukan torehan waktu 59,37 detik. Itu berlangsung pada sesi keenam. Sebelumnya di angka 59,70 detik dan 59,73 detik. Adapun best-time sebelumnya, yaitu 59,85 detik diukir racer Yamaha, Alfonso Coppola.

Abidin menambahkan, meski Galang Hendra berstatus pembalap WildCard, tapi ia memiliki potensi untuk menyodok ke depan. Alasannya, lanjut Abidin, Galang memiliki pengalaman 3 tahun di Asian Road Racing Championship, IRS dan Sunday Race menggunakan Yamaha R-25, serta punya pengalaman di balap moped di Motoprix dan Indoprix. “Latihan intensif telah dijalani Galang dengan motocross. Saya yakin Galang bisa berprestasi, apalagi dia berada di tim yang kompetitif, Team MotoX Racing,” ujarnya.

Jadwal WorldSSP 300 di Portugal:Jumat (WIB): FP1: 17.00-18-00FP2: 23.00-23.30

Sabtu: Superpole 1: 19.00-19-15Superpole 2: 19.25-19.40

Minggu:Race: 17:05

WAWANPRIYANTO

#Superbike WSBK
#MotoGP

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi