WSSP300 Portugal: Posisi ke-6 di FP2, Galang Tembus Superpole 2
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 16 September 2017 08:34 WIB
Galang Hendra saat beraksi di WSSP300 Portugal, 15 Sepetember 2017. Dok. Yamaha.

TEMPO.CO, Jakarta - Pembalap Indonesia Galang Hendra Pratama (Team MotoX Racing) tampil impresif di seri ketujuh kejuaraan FIM World Super Sport 300 (WSSP300). Meski berstatus debutan dan baru pertama kali turun di Sirkuit Algrave, Portula, Galang mampu menembus posisi ke-19 di latihan bebas pertama (FP1). Di sesi latihan bebas kedua (FP2), Galang melesat dan finish tercepat keenam.

"Pertama kali di Sirkuit Algarve ini dengan Yamaha YZF-R3. Saya harus cepat beradaptasi dan yakin bisa untuk menemukan limit dengan racing line lebih baik untuk di setiap sektornya,"kata Galang Hendra seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Tempo, Sabtu, 16 September 2017.

Baca: WSSP300 Portugal: Galang Hendra Kalahkan Ali Adrian di FP1

Di FP1, Galang mencatat waktu terbaik 2 menit 04,883 detik pada putaran ke-9. Waktu ini hanya berjarak 3 detik dari peraih waktu tercepat M. Garcia dari Spanyol (Halcourier Racing) 2 menit 01,883 detik.Galang Hendra usai FP1 di WorldSSP300 Portugal. Dok. Yamaha.

Di FP2, Galang berhasil mempertajam catatan waktunya menjadi 2 menit 01,551 detik. Di sesi ini Galang juga sukses mencatat top speed terbaik setelah menggeber motor Yamaha YZF-R3 dengan kecepatan 187,2 kilometer per jam.

“Saya senang dengan hasil sesi latihan hari ini berkat kerja sama seluruh tim, teknisi, engineer saya bisa secara signifikan memperbaiki best lap time . Untuk Superpole 2, saya tetap harus lakukan perbaikan terutama di sektor 3 dan meningkatkan akselerasi khususnya di slow corner, “ ujarnya.

Simak: Yamaha Janjikan Galang Hendra Naik Kelas Jika Sukses di Portugal

Berdasarkan hasil kombinasi dua sesi latihan, 10 pembalap yang melaju ke Superpole 2 adalah Deroue (MTM HS Kawasaki), Garcia (Halcourier Racing), Perez (WILSport Racedays), Schotman (GRT Yamaha WorldSSP300 Team), Valle (Halcourier Racing), Galang Hendra (Team MotoX Racing), Grassia (3ENNE#Racing), Carrasco (ETG Racing), De La Vega (GRT Yamaha WorldSSP300 Team), Murley (Team Toth). Pada sesi tersebut akan memperebutkan posisi start dari 1-12 bersama 2 pembalap tercepat pada sesi Superpole 1.

“Kami akan harus "stay on focus", lakukan perbaikan dari data yang didapatkan hari ini dan berharap kecepatan angin dan arahnya bagus saat superpole 2 esok hari," kata Wahyu Rusmayadi, manajer tim Yamaha Racing Indonesia yang mendampingi Galang Hendra dalam mengikuti kejuaraan World Super Sport 300 ini.Hasil FP2 WorldSSP300 Portugal. Dok. WorldSBK.com

Sementara itu, pembalap Indonesia lainnya yang memperkuat tim Pertamina Almeria Racing Team Ali Adriansyah Rusmiputro hanya mampu berada di peringkat ke-26. Ali mencatat waktu tercepat 2 menit 05,498 detik di putaran ke-7. Di FP2, Ali Adrian berhasil memperbaikin catatan waktunya dan menempati posisi ke-25. Di FP2, catatan waktu tercepat Ali Adrian adalah 2 menit 03,899 detik yang diraih di putaran ke-10.

Sirkuit Algarve sendiri terletak dibagian selatan Portugal dan memiliki layout yang menantang, gabungan tikungan cepat, tikungan lambat dan perubahan elevasi ketinggian, memiliki trek lurus 970 meter dengan panjang sirkuit 4,592 kilometer, kombinasi 6 tikungan ke kiri dan 9 tikungan ke kanan.

WAWAN PRIYANTO

#Superbike WSBK
#Yamaha Motor Indonesia

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi