Honda Siapkan Mobil Masa Depan Punya Kokpit Bak Pesawat Antariksa
Reporter: Terjemahan
Editor: Eko Ari Wibowo
Minggu, 10 Desember 2017 10:50 WIB
Honda Clarity. Sumber: overdrive.in
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, Jakarta - Menghadapi tantangan masa depan, pabrikan Honda telah menyiapkan Clarity FCV (Fuel Cell Vehicle) dan Clarity PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) sebagai langkah menuju mobil listrik. Dua konsep mobil itu sudah dekat dengan garis yang futuristik. Honda mengklaim Clarity menjadi sedan FCV dengan lima tempat duduk pertama di dunia. Modelnya mendekati model Mobil Civic Type R. "Garisnya dibuat sangat tajam untuk aerodinamika dan memotong udara semulus mungkin," dalam pernyataan resmi Honda.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Baca: Inilah Motor Listrik Cafe Racer Cina Pakai Basis Sasis Honda

Pada tampilan bagian depannya, Honda memang mengesankan tajam dengan lampu yang futuristik menyerupai desain mobil listriknya. Lampu depan menyipit disapu dengan Day Running Light (DRL) yang memanjang dari kiri ke kanan dengan tambahan list krom. Sedangkan kisi-kisinya menggunakan desain rumah sarang tawon yang menambahkan tampilan futuristik. Namun kesan bahwa Clarity adalah buatan Honda sudah nampak jelas.

Honda Clarity. Sumber: overdrive.in

Pada desain interior, tampilannya bak pesawat luar angkasa yang pernah muncul di film-film sci-fi, terutama konsol tengah dengan desain terapung dan penempatan sakelar yang unik. Tuas pemilih roda gigi/drive telah diganti dengan sakelar untuk mode P, R, N dan D. Di bawahnya ada ruang penyimpanan yang juga dilengkapi pilihan konektivitas dan alat pengisian. Dimensi mobil yang besar untuk memberikan banyak ruang, baik untuk penumpang maupun barang bawaan dan itu terlepas dari kenyataan bahwa lantai menjadi lokasi baterai lithium-ion besar.

Honda Clarity. Sumber: overdrive.in

Clarity FCV mendukung penggunaan bahan bakar hidrogen saat menyalakan roda, menghasilkan 177PS dan 300Nm yang mengesankan. Honda mengklaim bahwa mobil tersebut akan menempuh jarak 750 kilometer dengan tangki gas, dan tangki tersebut dapat menyimpan 141 liter hidrogen dengan tekanan tinggi. Tangki hanya membutuhkan waktu 3 menit untuk mengisi dan tidak seperti mobil bermesin bensin, Clarity FCV hanya mengeluarkan H2O, atau air.

Pada model PHEV atau Hybrid, akan menggunakan mesin bensin Atkinson Cycle 1,5 liter empat silinder, seperti Accord Hybrid. Namun pada kenyataannya, mesin ini tidak menyalakan roda secara langsung dan bekerja sebagai pembangkit listrik untuk motor listrik yang akan menggerakkan roda. Honda mengatakan paket baterai akan membawa berkendara hingga 100 kilometer dalam mode EV.

Baca: Penjualan Honda Brio Satya Cetak Rekor Tertinggi Tahun Ini

Honda juga memiliki versi balap dari Clarity FCV. Dengan banyak pengurangan bobot hingga 300 kilogram dari berat standar Clarity 2.920 kilogram. Honda menargetkan dua pertiga dari penjualan mobil globalnya menggunakan mesin listrik pada 2030. Saat ini, produsen pabrikan mobil menyiapkan dengan teknologi Hybrid.

OVERDRIVE

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi