Video Penampakan Toyota Avanza Membelah Hutan di Papua
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Minggu, 25 Februari 2018 13:10 WIB
Toyota Avanza Tigre tampak belakang. Dok Toyota.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Toyota Avanza merupakan kendaraan keluarga 7 penumpang. Di Jakarta dan kota-kota besar lainnya, mobil ini mungkin umum terlihat wira-wiri di jalan beraspal mulus. Di pedalaman Kalimantan atau di pedalaman Papua sana, Toyota Avanza umum digunakan untuk moda transportasi membelah hutan dan pegunungan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jalurnya, jangan dibayangkan aspal mulus seperti di Jakarta, tapi berlumpur! Jalur ini umumnya biasanya digunakan oleh kendaraan berpenggerak 4 roda. Nah, Avanza hanya berpenggerak 2 roda yakni roda belakang.

Baca: Gantengnya Toyota Avanza Tigre, Tak Kalah dari Mitsubishi Xpander

Dari berbagai video yang diunggah di YouTube, tampak mobil Avanza susah payah melintas di jalur tanah yang basah. Mobil itu tampak melintir kiri kanan karena jalanan licin. Jadilah mobil itu seperti sedang drifting macam mobil super di film Fast and Furious. Mobil-mobil itu tampak dengan muatan penuh, sebagian menempatkan barang bawaan yang ditutup terpal di atap mobil layaknya sedang mudik Lebaran.

Simak videonya:

Akun YouTube Anis Datuk misalnya, mengunggah video Avanza bersama mobil-mobil lainnya melintas di jalanan berlumpur yang cukup parah. Lokasinya berada di Jalan Trans Irian menuju Distrik Muting, Merauke, perbatasan Republik Indonesia dengan Papua Nugini.

Mobil itu jelas tak mampu melintasinya tanpa bantuan mobil berpenggerak 4 roda. Dari beberapa mobil Avanza dan Daihatsu Xenia, tampak bumper depan dan belakang terlihat sengaja dilepas. Mungkin untuk menghindari 'nyangkut' di lumpur.

Simak: Distribusi Toyota Avanza 2018 Turun, Indikasi Akan Ada Pengganti?

Menariknya, mobil yang melewati jalur berlumpur ini sengaja dibuat selang seling antara mobil 4x4 dan 4x2. Tampak dalam video berdurasi 10 menit 28 detik itu mobil 4x4 didahulukan untuk melintas.

Di belakangnya, baru mobil berpenggerak 4x2 seperti Avanza. Jika Avanza terjebak di lumpur, mobil 4x4 seperti Mitsubishi Triton atau Toyota Hilux membantu dengan menariknya. Meski demikian, ada saja mobil berpenggerak 4x2 yang nekad menggeber gas dan akhirnya berhasil tanpa bantuan mobil lain. Warga sekitar menyiapkan tali untuk menarik mobil. Sebuah contoh gotong royong yang nyata untuk sesama pengguna jalan.

Simak: Penjualan Mitsubishi Xpander Nyaris Salip Toyota Avanza

Akun Tommy Kristiyanto juga mengunggah video mobil-mobil Toyota Avanza susah payah melintas di jalanan di pedalaman Pulau Kalimantan. Dalam video berdurasi 10 menit 17 detik itu, tampak mobil Toyota Avanza terseok melintas jalanan berlubang dengan lumpur dan genangan air.

Ini link videonya:

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi