Inilah Tampang Mobil Desa Kiat Mahesa Wintor yang Siap Diproduksi
Reporter: Fery Firmansyah
Editor: Eko Ari Wibowo
Selasa, 27 Maret 2018 18:50 WIB
Platform Alat Mekanis Multiguna Pedesaan dipamerkan di Kantor Kementerian Perindustrian, Selasa 27 Maret 2018. TEMPO/Fery Firmansyah
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Dua produsen mobil desa, PT Kiat Inovasi Indonesia dan PT Velasto Indonesia, membentuk perusahaan patungan yang akan memproduksi alat mekanisasi multiguna perdesaan atau AMMDes. Perusahaan patungan bernama PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) dan PT Kiat Mahesa Wintor Distributor (KMWD) itu akan memproduksi dan mendistribusikan mobil desa bermerek KMW alias Kiat Mahesa Wintor.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut pendiri Kiat Inovasi, Sukiat, perusahaannya berkolaborasi dengan Velasto, anak usaha PT Astra Otoparts Tbk, untuk memproduksi mobil angkutan orang maupun pertanian.

Kiat Inovasi sebelumnya merancang prototipe mobil perdesaan dengan nama Mahesa Nusantara, sedangkan Velasto lebih dulu merilis alat angkut perkebunan bermerek Wintor. "KMWI akan merancang dan memproduksi AMMDes, sedangkan KMWD memasarkan dan menyediakan layanan purnajualnya," kata dia di kantor Kementerian Perindustrian, Selasa, 27 Maret 2018.

Baca: Jokowi Ingin Harga Mobil Desa Kompetitif

Direktur Velasto Indonesia Reza Treistanto mengatakan prototipe mobil KMW siap menjalani uji ketahanan di jalan raya pada Juli mendatang. Rencananya, mobil perdesaan bermesin diesel ini diproduksi massal pada awal 2019.

"Sebenarnya bulan ini sudah menjalani tes, kami siapkan semua prosesnya secara paralel," ujar dia. Reza mengatakan belum menentukan harga jual ini. Namun, kata dia, produsen berupaya menekan harga agar tak melampaui Rp 60 juta.

Saat ini, platform mobil Kiat Mahesa Wintor dipajang di kantor Kementerian Perindustrian. Mobil ini memakai sasis ladder frame berbahan baku baja. Dapur pacunya memakai mesin diesel 550 cc bertenaga 14 daya kuda.

Baca: Mobil Perdesaan Wintor Akan Diekspor ke Malaysia

Mobil desa ini juga dilengkapi transmisi manual empat percepatan, empat unit rem cakram, serta peranti penggerak power take off (PTO) berkekuatan 2.800 rotasi per menit yang dapat dihubungkan dengan alat pertanian.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi