Arti Logo Kerbau pada AMMDes Buatan Insiator Mobil Esemka
Reporter: Pribadi Wicaksono (Kontributor)
Editor: Eko Ari Wibowo
Sabtu, 15 September 2018 15:31 WIB
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto duduk di platform Alat Mekanis Multiguna Pedesaan didampingi Sukiat dari PT Kiat Inovasi. Hari ini ditandatangani MoU pembentukan konsorsium PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia antara PT Kiat Inovasi dan PT Velasto Indonesia. 27 Maret 2018. TEMPO/Fery Firmansyah
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Yogykarta - Mobil Mahesa yang memiliki nama resmi Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) telah siap diproduksi massal pada Januari 2019. Mahesa diproduksi oleh PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI), perusahaan yang didirikan Sukiyat, inisiator mobil Esemka.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Baca: Vietnam Sukses Racik Mobil Mewah Mulai Debut di Paris Auto Show

Mahesa belakangan juga kerap dijuluki si kerbau besi dan menegaskan gambar kerbau sebagai logonya. “Mahesa itu kan maknanya kerbau, dan kerbau itu lambang pemerintahan yang agung, “ ujar Sukiyat, saat ditemui Tempo di Yogyakarta Jumat 14 September 2018.

Kerbau pada logo Mahesa itu, ujar Sukiyat juga sebagai simbol pencapaian tertinggi bagi masyarakat pedesaan. Warga desa yang penghasilannya berlebih akan memiliki banyak kerbau. Selain sebagai aset, banyaknya kerbau juga menunjukkan banyaknya sawah yang dimiliki. “Orang desa itu kalau berlebih ya punya kerbau, di bawahnya sedikit punya sapi, di bawahnya kambing, lalu ayam,” ujar Sukiyat.

Simak: Nissan Juke Berubah Menjadi Little Monster Siap di Medan Offroad

Mobil AMMdes di GIIAS 2018. 3 Agustus 2018. TEMPO/Wisnu Andebar

Penggunaan logo kerbau pada mobil Mahesa menurut Sukiyat sudah sesuai karena mobil itu memang diproyeksikan untuk masyarakat pedesaan dan membantu aktivitas petani. “Pasar Mahesa terutama di daerah-daerah luar Jawa,” ujarnya.

Kelebihan mobil Mahesa itu menurut Sukiyat karena sifatnya yang multiguna. Satu alat bisa untuk semua kebutuhan petani. Spare part pun juga gampang dan akses untuk kredit juga akan mudah. “Kami kerjasama dengan PT. Astra International, jadi untuk pemasaran dan produksi relatif terjamin,” ujarnya.

Baca: Modifikasi Rp 300 Juta, Truk Avengers Juara Jogja Truck Festival

Untuk produksi Mahesa ini akan dipusatkan di pabriknya yang berada di Citeureup, Bogor; Cikarang – Bekasi; dan juga Klaten, Jawa Tengah.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi