Pesaing Vespa Ini Lebih Trendi dan Tambah Kencang
Reporter: Terjemahan
Editor: Eko Ari Wibowo
Jumat, 13 April 2018 18:59 WIB
Panel stang Skuter Scomadi TT125 pesaing Vespa dan Lambretta. Sumber: autocarindia.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Skuter klasik seperti Vespa dan Lambretta kini telah menjadi gaya hidup masyarakat modern terutama di Asia. Hal inilah menjadi alasan Scomadi agresif mengincar pasar Asia. Setelah membangun pabrik di Thailand dan memiliki distributor di Malaysia, kini skuter asal Inggris menggarap pasar India.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Scomadi didirikan pada 2005 oleh Frank Sanderson dari Scooter Innovation Ltd dan Paul Melici dari PM Tuning Ltd. Di Inggris, keduanya dikenal sangat berpengalaman dalam dunia industri skuter.

Salah satu produk unggulannya adalah Scomadi TT125 yang memiliki model mirip dengan vespa dan lambretta. TT125 menggunakan mesin buatan pabrikan Italia, Aprilia berkapasitas 125cc dengan pendinginan udara dan sistem bahan bakar injeksi. Mesin ini digunakan juga untuk skuter Aprilia SR 125.

Baca: Vespa Sprint dan Primavera Kini Pakai Rem ABS, Harga Naik

Scomadi mengklaim tenaga yang dihasilkan 11 hp pada 7.300 rpm yang lebih tinggi dibandingkan Aprilia SR 125. Scomadi memang telah mengembangkan sistem baru di throttlenya. Bahkan, Scomadi juga menyiapkan versi yang sudah dituning ulang dan menggunakan knalpot racing dengan output tenaga mencapai 15,5 hp.

Skuter Scomadi TT125 pesaing Vespa dan Lambretta. Sumber: autocarindia.com

Suspensi TT125 dibekali dual springer -hidrolik ganda- sebagai bantalan peredam kejut di bagian depan dan belakang. Elemen tadi mampu membuat skuter ini mantap diajak melibas kontur beragam lintasan. Rem sudah menggunakan cakram Nissin depan dan belakang bahkan sudah mengadopsi antilock brake system dual channel.

Sasisnya pun menggunakan pipa tubular yang terbuat dari stainless steel (SS 309) sementara spakbor menggunakan material karbon. Ground clearance motor ini cukup tinggi yaitu 33 sentimeter dengan bobot 100 kilogram. Kaki-kaki mengikuti tren gambot dengan ban Pirelli Angel Scooter 110/70-12 di bagian depan dan ban 120/70-12 di bagian belakang.

Baca: Istimewanya Piaggio Vespa Elegante 150 Special Edition

Instrumen pesaing Vespa ini telah mengikuti gaya modern full digital dengan memuat semua informasi. Bahkan panel tombolnya lengkap adanya untuk mematikan mesin dan lampu hazard yang masih jarang di model skuter. Lampunya sudah menggunakan LED dengan pelengkap DRL mirip mobil Audi.

AUTOCAR INDIA

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi