Pelabuhan Tianjin Sukses Uji Truk Otonom Bertenaga Listrik
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Minggu, 15 April 2018 07:50 WIB
Truk otonom sukses diujicoba di Pelabuhan Tianjin, 12 April 2018. (Foto. VCG).
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Tianjin - Truk otonom bertenaga listrik berhasil menyelesaikan pengujian di Pelabuhan Tianjin, Kamis, 11 April 2018.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Truk otonom itu dilengkapi dengan radar laser, kamera definisi tinggi, dan kemampuan komputasi cerdas, menyelesaikan operasi seperti mengemudi, parkir, pemuatan dan pembongkaran kontainer, serta membaca penghalang jalan.

"Tes yang sukses menandai terobosan terbaru Cina dalam mengembangkan truk otonom yang akan digunakan untuk beroperasi di pelabuhan. Truk ini akan berkontribusi pada pengembangan kendaraan logistik ramah lingkungan dan berteknologi tinggi," kata Zhu Lianyi, seorang pejabat Tianjin Port (Group) Co Ltd.

Baca: Cina Operasikan Truk Otonom di Pelabuhan Zuhai

Laporan Xinhua yang dimuat di China Daily menyebut bahwa truk itu memiliki sistem kemudi kelas dunia. Truk dapat melaju sejauh 120 kilometer ketika baterai terisi penuh. Isi ulang baterai juga cukup cepat, hanya membutuhkan waktu 1 jam.

Truk otonom ini dikembangkan oleh Tianjin Port (Group Co Ltd), China National Heavy Duty Truck Group Co Ltd dan Tianjin TruckTech.

Simak: Beijing Keluarkan Ijin Pengujian Mobil Otonom Baidu

Zhang Tianlei, pendiri dan CEO Tianjin TruckTech, mengatakan teknologi yang digunakan pada truk otonom ini dapat bekerja dengan baik di siang hari, malam hari, dan dalam cuaca berkabut, hujan maupun salju.

Dermaga kontainer otomatis adalah tren masa depan untuk pengembangan pelabuhan. Truk otonom tanpa pengemudi menawarkan solusi logistik untuk pembangunan port otomatis. 

Pelabuhan Tianjin melayani lebih dari 15 juta kontainer pada tahun 2017. Angka ini ditargetkan meningkat hingga 18 juta kontainer pada 2020 mendatang.

CHINA DAILY | WP

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi