Tak Hanya Mobil, Truk Otonom Sepenuhnya Juga Segera Dihadirkan
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 31 Desember 2021 13:00 WIB
Truk otonom TuSimpe. (Foto: Hitrech Glitz)

GOOTO.COM, Jakarta - Kendaraan otonom telah menghadirkan terobosan baru dengan memanfaatkan teknologi canggih. Tak hanya mobil, namun kali ini truk otonom juga bisa mempermudah pengemudi untuk tidak mengendalikan kemudi selama perjalanan.

Rencana itu telah diusung oleh perusahaan teknologi self driving yang berbasis di Amerika Serikat, yakni TuSimple. Perusahaan ini dilaporkan telah menyelesaikan tes jalan tanpa manusia pada produk truk otonomnya.

Melansir laporan Associated Press, TuSimple telah melakukan test drive sepenuhnya terhadap kendaraan otonom kelas 8. Uji coba tanpa sopir ini dilakukan dalam perjalanan sepanjang 130 km di Arizona.

"Tes ini memperkuat apa yang kami yakini sebagai posisi unik kami di garis depan truk otonom, menghadirkan teknologi mengemudi canggih pada skala komersial," kata CEO TuSimple Cheng Lu seperti dikutip dari Hindustan Times.

TuSimpe meyakni bahwa pengembangan truk otonom ini memiliki banyak manfaaat. Salah satunya adalah pengurangan biaya operasional sebanyak 40 persen, karena perusahaan tidak perlu lagi membutuhkan sopir.

Bukan hanya itu, pemangkasan biaya operasional sebanyak 10 persen juga bisa terjadi. Mengingat, perusahaan tidak perlu lagi menggunakan bahan bakar untuk menjalankan truk otonom ini.

Baca: Pembangunan Sirkuit Formula E di Ancol Membutuhkan Dana Rp 100 Miliar

ASSOCIATED PRESS | HINDUSTAN TIMES

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram

#Truk Otonom
#Mobil
#Kendaraan Otonom
#Self Driving
#Truk Listrik

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi