Toyota Kampanye Perbaikan Sensor Airbag, Ini Daftar Mobilnya
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 14 Mei 2018 18:30 WIB
Logo Toyota. uk.reuters.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM) menggelar program Special Service Campaign (SSC) untuk mengecek produk-produk yang   berpotensi mengalami masalah pada sensor airbag (kantung udara). Kampanye untuk perbaikan kembali (recall) secara gratis ini merupakan tindak lanjut dari pengumuman yang dilakukan Toyota Motor Corporation, Jepang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Adapun model yang diduga mengalami masalah pada sensor airbag seperti disebut Toyota Motor Corporation antara lain Toyota Alphard/Velfire, Sienta, Noah/Voxy/Esquire, Probox/Succeed, Corolla, Highlander, Prius, Levin, dan Hilux.

Di Indonesia, sebanyak 24.662 unit terindikasi terlibat yaitu Alphard, Corolla, New Fortuner, New Kijang Innova, dan New Hilux, dengan tahun produksi dari 7 Mei 2015 hingga 29 Januari 2016.

Baca: Masalah Airbag, Toyota Recall 181 Ribu Mobil di Cina

Vice President Director Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, menyebutkan bahwa pihaknya mengutamakan pelayanan menyeluruh yang baik bagi pelanggan, salah satunya dengan terus meningkatkan kualitas layanan purna jual kendaraan Toyota.

Henry menjelaskan bahwa program SSC adalah layanan yang diberikan Toyota untuk memastikan produk-produk yang bahkan sudah berada di pelanggan masih terus diperhatikan. Apabila ada sesuatu yang diperkirakan memberikan potensi yang dapat mengurangi kenyamanan dan keselamatan berkendara, lanjut Henry, maka Toyota akan memeriksanya dan jika diperlukan mengganti komponen kendaraan berdasarkan masalah yang ditemui, khususnya yang berkaitan dengan aspek keselamatan berkendara.

Untuk memastikan SSC berjalan dengan baik, para pemilik kendaraan Toyota diundang melalui surat yang dikirimkan secara resmi dan langsung kepada para pelanggan untuk datang ke dealer atau bengkel terdekat.

“SSC hadir untuk memberikan layanan yang cepat dan efektif kepada para pelanggan Toyota. SSC kami hadirkan sebagai bagian dari upaya mewujudkan semangat peace of mind bagi pelanggan,” kata Henry dalam siaran pers yang diterima Tempo, Senin, 14 Mei 2018.

TAM proaktif menginformasikan kepada pelanggan yang kendaraannya diduga terkena potensi masalah. Terkait dengan penanganan masalah sensor airbag ini, TAM membuka berbagai saluran komunikasi dengan pelanggan.

Baca: Toyota Akan Panggil Konsumen Terdampak Airbag Takata

Jika pelanggan menemukan indikasi yang tidak biasa pada airbag mereka atau pun perangkat lainnya, seperti menyalanya lampu peringatan airbag, maka Toyota sangat menyarankan pelanggan untuk datang ke bengkel resmi Toyota untuk memeriksanya.

TAM telah menyiapkan saluran komunikasi khusus untuk menangani SSC sensor airbag maupun inflator airbag. Pelanggan cukup menghubungi jaringan outlet resmi Toyota terdekat atau menghubungi Toyota Customer Care di nomor telpon 1-500-315.

Pelanggan juga dapat mengunjungi website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc, dengan memasukkan nomor rangka dan selanjutnya akan muncul informasi apakah kendaraan tersebut terlibat atau tidak dalam program SSC ini.

Keseluruhan parts pengganti telah siap di bengkel resmi Toyota. Namun, demi kenyamanan pelanggan, maka disarankan menghubungi dealer terdekat untuk pengaturan jadwal booking.

Untuk pemeriksaan dan penggantian sensor airbag memakan waktu mulai dari 30 menit hingga maksimal 7 jam. Sementara itu, pengerjaan pengecekan dan penggantian komponen inflator airbag berlangsung sekitar 3,5 jam.

Sejauh ini, Toyota sudah melakukan berbagai usaha terkait program SSC antara lain, memastikan semua pelanggan yang ada di database Toyota diundang/diinformasikan tentang program safety campaign 3P ini.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi