Daftar Harga Sewa Mobil Rental untuk Mudik 2018
Reporter: Wisnu Andebar
Editor: Wawan Priyanto
Rabu, 16 Mei 2018 20:03 WIB
Antrean kendaraan pemudik menuju Pelabuhan Merak, Banten, mencapai 8 kilometer. DARMA WIJAYA
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta -

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mudik ke kampung halaman saat Lebaran sudah menjadi tradisi bagi masyarakat di Indonesia. Sebagian besar memilih menggunakan kendaraan sewaan. Alasannya sederhana, karena menyewa mobil lebih praktis dibanding membawa mobil sendiri. Menggunakan mobil rental juga dinilai lebih murah dibanding naik kendaraan umum seperti bus, kereta api, atau pesawat terbang.

Mersianto, Pemlik Griya Rental mengatakan bahwa menjelang mudik Lebaran untuk saat ini belum ada peningkatan pemesanan mobil yang signifikan. Namun ia meyakini nanti dua minggu sebelum lebaran barulah ramai. “Nanti pada saat puasa sudah berjalan dua minggu biasanya ramai yang mau pakai mobil,” ujar Mersianto di Griya Rental, Gunung Putri, Bogor pada Jumat, 11 Mei 2018.

Baca: Mudik 2018 Auto2000 Tawarkan Hadiah THR Hingga Wisata ke Jepang

Menurut  Mersianto untuk keluarga besar rental mobil diklaim lebih nyaman dan lebih hemat tentunya. Daripada harus naik transportasi umum seperti bus, kereta, dan pesawat. Biasanya keluarga besar yang tidak ingin repot dan lebih memilih kepraktisan. “Terutama dari segi bawaan barang naik mobil diyakini lebih praktis,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa rental mobil yang sudah berdiri sejak tahun 2011 ini pada tahun sebelumnya bisa merentalkan mobil sebanyak 18 unit. Dan mobil yang menjadi primadona merupakan mobil MPV. “Seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Toyota Rush, Daihatsu Terios, dan Suzuki Ertiga,” tambahnya,

Sedangkan harga yang ditawarkan Griya Rental untuk mudik lebaran menggunakan paket 10 hari, dibanderol dengan harga Rp 6 juta. Dengan persyaratan KTP asli, fotokopi kartu keluarga, meninggalkan jaminan motor berikut STNK-nya atau surat berharga lainnya.

Serta bersedia untuk dilakukan survey dan melakukan pembayaran dimuka sebelum pemakaian. Apabila konsumen tidak memenuhi syarat tersebut pihak rental berhak untuk menolak menyewakan kendaraan tanpa perlu memberikan klarifikasi kepada konsumen.

Baca: Ini Bagian Mobil yang Sebaiknya Diperiksa Sebelum Dipakai Mudik

Arif, pemilik Adelia Rental yang berada di Gunung Putri, Bogor, mengatakan hal sama. Setiap musim mudik mobil yang disewak Arif pasti ludes dipesan pemudik. Arif mengaku saat ini memiliki total 25 unit mobil yang disewakan. “Setiap tahun mobil saya pasti habis disewa untuk mudik,” kata Arif, 12 Mei 2018.

Sedangkan untuk mobil favorit yang dipakai pemudik masih dikelas mobi MPV seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki APV, Daihatsu Luxio, dan Daihatsu Gran Max. “Kebanyakan memang pakai mobil MPV karena muat membawa banyak penumpang. Sangat cocok kalau dibawa mudik bersama keluarga,” jelasnya.

“Pada tahun sebelumnya biasanya sebelum puasa 50 persen mobil saya sudah dipesan. Tapi tahun ini rental mobil banyak mengalami penurunan. Pada tahun 2013 mobil saya mencapai 100 unit dan memiliki mobil dikelas premium seperti Toyota Fortuner dan Alphard. Tidak tahu indikasinya apa ya rental mobil saat ini terjun bebas,” ujarnya.

Adelia Rental yang sudah berdiri sejak tahun 2010 ini sempat merasakan puncak kejayan pada tahun 2013 dengan memiliki 100 unit mobil. dan mulai turun sejak tahun 2016 sampai sekarang. Kini ia tinggal memiliki 25 unit mobil. Tetapi Arif tetap optimis meskipun begitu ia yakin nanti sepuluh hari sebelum lebaran 25 unit mobilnya akan ludes disewa konsumen.

Untuk harga yang ditawarkan khusus mudik menggunakan paket 10 hari, mobil MPV sekelas Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Apv, Daihatsu Luxio dan Gran Max dibanderol Rp 6 juta. Dan mobil sekelas Toyota Kijang Innova dibanderol Rp 7 juta per 10 hari.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi