Sedan Mewah Toyota Century Mulai Dipasarkan di Jepang
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Sabtu, 23 Juni 2018 20:57 WIB
Toyota Century. (Toyota Global)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Toyota City - Toyota Motor Corporation mengumumkan dimulainya penjulaan sedan mewah Toyota Century pada 22 Juni 2018. Model ini sudah bisa dipesan di dealer-dealer Toyota di Jepang dengan harga sekitar 19,6 juta yen (setara dengan Rp 2,5 miliar. 1 yen = Rp 127). Toyota Jepang menargetkan penjualan sebanyak 50 unit per bulan untuk Toyota Century terbaru ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Toyota Century memulai debutnya pada tahun 1967, dan dirilis untuk memperingati ulang tahun ke-100 Sakichi Toyoda, pendiri Toyota Group. Selama lebih dari 50 tahun Century telah berfungsi sebagai pilihan dan kendaraan favorit kelas atas di Jepang.

Baca: Begini Tampilan Toyota Century Pamer Kemewahan dan Kenyamanan

Century generasi ke-3 ini menjalani penyegaran untuk pertama kalinya dalam 21 tahun terakhir. Model yang diproduksi di pabrik Higashi-Fuji Plant, ini dikembangkan dengan memadukan konsep warisan dan evolusi.

Century baru dibekali perangkat canggih dan fasilitas kenyamanan yang cocok untuk mobil mewah, dan banyak perbaikan telah dilakukan untuk mencapai ketenangan dan stabilitas dalam pengendaraan.

Model ini diklaim memiliki estetika desain klasik dengan fokus menciptakan ruang tempat duduk belakang yang nyaman.

Toyota Century redesign mulai dipasarkan di Jepang, 22 Juni 2018. (Toyota Global)

Ubahan mencolok dari sisi desain terletak di bagian pilar C, dengan meluruskan sudut kemiringan untuk menciptakan penampilan yang lebih eksklusif dan tentunya berpengaruh pada ruang kabin penumpang belakang.

Yang membuat mobil ini bertambah sepesial, lambang phoenix diukir dengan tanganoleh seorang pengrajin selama 6 minggu. Lambang phoenix ini menggambarkan burung phoenix dengan sayap terkembang dan bulu-bulu halus. Sementara gril dengan model mahkota sebagai latar belakang ukiran phoenix.

Mobil ini juga menyandang warna baru yang telah dikembangkan, diklaim sebagai hitam abadi (Kamui dalam bahas Jepang). Proses pengecatan Century juga bisa dibilang spesial, terdiri dari tujuh lapisan.

Baca: Toyota Century Baru Masih Kental Aura Klasik

Pengamplasan dan pemolesan pada sentuhan akhir juga dilakukan secara manual, untuk menghasilkan kilau maksimal pada cat.

Tak salah jika Toyota berfokus pada pengembangan ruang kabin belakang yang diklaim cocok untuk tamu VIP. Penambahan wheelbase sepanjang 65 milimeter dibanding model sebelumnya menciptakan jok belakang yang lebih luas dan ruang kaki lapang.

Lantai kabin juga dibuat lebih rendah 15 milimeter untuk memudahkan penumpang masuk dan keluar mobil. Ruang kabin Century memang menawan. Interiornya diberi aksen kayu, jok diberi lapisan eksklusif.

Ruang kabin penumpang belakang Toyota Century. Model ini mulai dipasarkan di Jepang pada 22 Juni 2018. (Toyota Global)

Kursi Belakang Mewah

Bagaimana Toyota menggambarkan sebuah kemewahan di kursi bagian belakang? Ini yang menarik. Sistem hiburan dengan layar 11,6 inci terletak tengah konsol, di antara kursi pengemudi dan penumpang depan. Sistem audio ini dilengkapi dengan ampflifier 12 kanal dan 20 speaker yang diposisikan secara optimal.

Di bagian tengah kursi belakang (sandaran lengan) juga ditempatkan layar sentuh 7 inci yang memungkinkan penumpang belakang untuk mengoperasikan sistem audio, penyejuk udara (AC), fitur pijat pada kursi belakang, hingga membuka serta menutup tirai jendela.

Sandaran tangan penumpang belakang Toyota Century dilengkapi layar sentuh 7 inci. (Toyota Global)

Mesin Hibrid Bertenaga Besar

Toyota Century dibekali mesin 5.0L berkonfigurasi V8 dan sistem hibrid. Mesin konvensionalnya mampu menghasilkan tenaga 381PS pada 6.200 rpm dengan torsi maksimum 52.0 kgf.m pada 4.000 rpm.

Sedangkan motor listriknya mampu menghasilkan tenaga sebesar 224PS dan torsi 30,6 kgf.m. Gabungan tenaga kedua penggerak ini mencapai 431PS.

Ruang kemudi Toyota Century. (Toyota Global)

Sistem Keselamatan Canggih

Toyota Century dibekali dengan berbagai fitur keselamatan yang selama ini dikembangkan Toyota. Mulai dari Pre-Collision Sustem (PCS) atau sistem pra tabrakan yang membantu mencegah dan mengurangi tabrakan dengan kendaraan maupun pejalan kaki di depan.

Lane Departure Alert (LDA) mampu memberikan peringatan kepada supir untuk fokus pada kemudi ketika mobil mulai menyimpang dari jalurnya.

Fitur Rada Cruise Control (dengan fungsi All speed Tracking) membantu pengemudi menjaga jarak yang tepat dengan kendaraan di depan.

Baca: Toyota Sora Fuel Cell Concept Hadir di Tokyo Motor Show

Adapun fitur Adaptive High Beam System (AHS) memungkinkan lampu secara otomatis mendeteksi kebutuhan pencahayaan di malam hari, juga dilengkapi dengan 24 lampu LED di setiap sisinya.

Kendaraan ini menawarkan dua fitur tambahan baru yakni HELPNET10, yakni sistem pelaporan darurat yang mampu bekerja secara otomatis jika airbag mengembang (misalnya terjadi tabrakan).

Dalam kasus seperti ini, operator HELPNET secara otomatis akan menghubungi pihak berwenang (polisi dan departemen pemadan kebakaran). Sedangkan layanan D-Call Net10 dapat membuat keputusan cepat untuk mengirimkan ambulan udara (helikopter) dan darat jika kecelakaan diperkirakan parah berdasarkan data yang dikirimkan kendaraan.

TOYOTA GLOBAL

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi