Suzuki Jimny 2019 Bermesin 1,5 Liter, Simak Keiritannya
Reporter: Terjemahan
Editor: Eko Ari Wibowo
Jumat, 6 Juli 2018 16:00 WIB
Suzuki Jimny 2019 terungkap di salah satu pabriknya di Jepang, Sumber: autocarindia.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Suzuki Motor Corp. baru saja memperkenalkan Suzuki Jimny 2019 yang menjadi andalan untuk menyasar para petualang. Sebagai mobil petualang tentunya transmisi dan mesin memiliki peran besar untuk meraih kesuksesan dalam penjualan. Suzuki Jimny akan menggunakan mesin berkode K15B empat silinder berkapasitas 1,5 liter.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mesin andalan Suzuki ini memang lebih fokus pada mudah perawatan dan cocok buat harian bukan mesin yang mengejar performa. Mesin baru yang juga dipakai pada Suzuki Ertiga 2018 yang dijual Suzuki Indomobil ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 101bhp dan torsi 130Nm. Suzuki belum mengungkapkan data soal akselerasinya, namun Suzuki Jimny bisa mencapai kecepatan tertinggi 90 mil per jam atau 144 kilometer per jam pada versi gearbox manual lima kecepatan. Adapun Suzuki Jimny dengan transmisi otomatis empat kecepatan hanya mencapai 87mph atau 140 kilometer per jam.

Baca: SIS Masih Mengkaji Harga Jual Suzuki Jimny 2019

Dengan performa tersebut, mesin ini mampu menghabiskan bahan bakar 17,6 kilometer per liter pada transmisi manual dan 15,9 kilometer per liter pada transmisi otomatis. Selain irit, Suzuki Jimny berdasarkan pengujian pada Prosedur Uji Kendaraan Ringan Seluruh Dunia (WLTP) tercatat menghasilkan 178g/km CO2 pada manual dan otomatis lebih tinggi pada 198g/km.

Mesin Suzuki Jimny terbaru ini sama seperti yang digunakan pada All New Suzuki Ertiga. Tenaga disalurkan ke penggerak roda melalui pilihan transmisi manual lima percepatan dan otomatis empat percepatan. Globalsuzuki.com

Pada Eksterior, Suzuki memang mengambil konsep model retro serupa dengan Mercedes Benz G-Class. Mobil ini menggunakan lampu bulat dengan gril tegak seperti generasi sebelumnya, dan bemper belakang yang mungil dengan lampu yang menempel.

Soal interior, Suzuki Jimny dibuat dengan tujuan kepraktisan dan fungsionalitas. Panel instrumen dibuat minimalis dengan bahan yang antigores, sementara tombol dan sakelar dirancang untuk dioperasikan dalam kondisi off-road dan penggunaan sarung tangan. Instrumen besar yang jelas dan secara permanen ada sinar sehingga terlihat jelas. Sistem infotainment layar sentuh 7 inci dipasang pada versi tertinggi.

Interior Suzuki Jimny 2019. Sumber: Suzuki

Kabin, Suzuki Jimny memiliki kapasitas 377 liter ruang bagasi, 53 liter lebih banyak daripada model saat. Sementara tailgate persegi yang dipasang di samping untuk memudahkan saat membawa barang yang besar. Beberapa model akan menampilkan kursi belakang berlapis plastik dan lantai bagasi agar tak mudah kotor ketika dibawa ke lintasan offroad dengan sepatu berlumpur maupun cipratan air.

Baca: Banderol Suzuki Jimny 2019 Terungkap: Paling Murah Rp 188 Juta

Suzuki Jimny 2019 memiliki sistem keamanan yang lengkap. Jimny yang baru ini memiliki enam airbag, hill hold control, hill descent control, ESP, pedestrian injury mitigation body, dukungan rem sensor ganda, lane depature warning, dan weaving function alert.

MOTORING RESEARCH | EVENING EXPRESS

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi