Mesin Honda V4 Akan Lebih Ganas dari CBR1000RR
Reporter: Terjemahan
Editor: Eko Ari Wibowo
Minggu, 8 Juli 2018 17:01 WIB

GOOTO.COM, Jakarta - Honda sedang menyiapkan senjata baru untuk menghadapi regulasi World Superbike pada 2021 yang membolehkan mesin V4 berkapasitas 1000cc. Setelah Aprilia menyiapkan RSV4s dan Ducati meluncurkan V4s, Honda menyusul dengan V4 baru yang akan dipamerkan prototipe pada EICMA 2018.

Honda kabarnya tidak akan menggunakan desain dari VFR1200, atau RC213V-S yang diperkecil namun menciptakan platform baru. Honda berobsesi menciptakan generasi baru dari VFR750 V4 yang memulai debutnya pada 1995 dan meraih predikat motor dengan desain terbaik.

Baca: Harley Davidson Ini Harganya Setara 5 Unit Mobil Mewah

Mesin ganas VFR V4 sempat dilahirkan kembali ke RC213V-S namun sayangnya motor ini sangat mahal dan hanya orang berduit yang dapat membelinya. Seperti, Aprilia, dengan melahirkan RSV4 R FW-GP dan proyek Ducati Desmosedici GP.

Konsep Honda V4 dipamerkan di Intermot di Cologne, Jerman pada 2008. Honda sejak saat itu mengembangkan dan menyempurnakan mesin dengan semua teknologi yang ada. Setelah satu dekade, desain resmi untuk superbike V4 baru telah diajukan untuk paten. Motor ini sangar kompak V4 dengan 90 derajad dengan sayap belakang.

Dari gambar paten bisa dipastikan Honda V4 sangat aerodinamis. Motor ini hanya menggunakan jok tunggal. Honda akan memanfaatkan aliran udara untuk memberikan tekanan agar downforce terjaga. Aliran udara yang melewati sayap ini memiliki efek serupa dengan spoiler belakang mobil. Pada bagian depan, efek aerodinamis juga dipikirkan dengan udara masuk lewat lubang disamping lampu kemudian mengarah ke helm pengendara.

Frame Honda V4 diklaim sangat kuat namun ringan. Mesin V4 sangat jelas, memiliki empat silinder dan empat lubang knalpot yang berbeda. Pipa-pipa knalpot ini diletakkan dengan cara membalikkan yang kemudian pipa itu ke bawah dan menjadi satu di satu silincer.

Baca: KTM RC390 2018 Mengaspal, Inilah Kelebihannya

Beberapa waktu lalu, CEO Honda Tetsuo Suzuki telah mengisyaratkan bahwa Honda V4 akan memiliki posisi di antara Fireblade dan RC213V-S yang akan memiliki pengaturan chassis yang lebih baik dan frame yang dilas dengan tangan yang dibuat oleh tim yang sangat terampil yang membangun mesin MotoGP. Versi paten juga memiliki monocoque cast aluminium, mirip dengan Ducati V4. Rangka ini juga akan mencakup unit airbox dan subframe jok, frame dibuat tanpa lasan.

TOPSPEED


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi