Wuling di Cina Lebarkan Sayap dengan Terjun di Segmen Pikap
Reporter: Terjemahan
Editor: Eko Ari Wibowo
Selasa, 10 Juli 2018 13:12 WIB

GOOTO.COM, Jakarta - Wuling siap berkompetisi di pasar kendaraan komersial dengan produk barunya pikap mini di Cina lewat sokongan General Motors. Wuling adalah perusahaan patungan antara SAIC di Shanghai dan General Motors. Mobil yang memiliki model mirip Gran Max ini diberi nama Rong Guang van.

Dengan kepiawan General Motors yang sudah memiliki banyak model pikap tentu saja, Wuling pikap ini akan mampu bersaing. General Motors memang telah mengeluarkan Ford dengan F-Series, Chevy Silverado, GMC Sierra, Chevy Colorado, dan GMC Canyon. Pikap baru ini 3,150 mm atau 124 inci, yang lebih pendek dari wheelbase dari Colorado/Canyon.

Baca: Penampakan SUV Calon Pesaing Toyota Rush dari Wuling

Jarak sumbu roda yang pendek tentu akan lebih mudah melewati jalan kecil seperti gang di perkotaan. Wuling pikap bisa menjadi saingan berat bagi Daihatsu Gran Max maupun Hi max. Daya tampung diklaim tak jauh beda dengan kompetitor dengan kabin yang minimalis.

Wuling meluncurkan model pikap untuk pasar Cina. Sumber: carscoops.com

Wuling pikap akan menggunakan mesin 1,5 atau 1,8 liter yang kemungkinan mesin Wuling Confero. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga 95 kW (127 hp) dan torsi 170 Nm (125 lb-ft). Tenaga mesin ini kalah jauh dari produk Chevrolet Silverado yang menggunakan mesin 4,3 liter Evotec V6.

Baca: Pakai Mesin 1.5L, Harga Wuling Cortez Lebih Murah

Hanya saja dengan mesin kecil dan fasilitas seadanya, harga Wuling pikap ini sangat kompetitif. Di Cina, pikap ini dijual 45.800 Yuan atau sekitar Rp 99,3 juta. Tentu jika dijual di Indonesia, Daihatsu akan kelimpungan Gran Max dengan kapasitas mesin 1,3 liter dijual mulai Rp 120 jutaan. Adapun Daihatsu Hi Max dengan mesin 1,0 liter dengan harga Rp 98 jutaan.

CARSCOOPS


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi