Begini Tips Membeli Mobil Bekas Agar Sesuai Harapan
Reporter: Bisnis.com
Editor: Eko Ari Wibowo
Sabtu, 28 Juli 2018 21:04 WIB
Penjualan Mobil Bekas Melonjak
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Mobil menjadi kebutuhan untuk keperluan pribadi maupun untuk usaha terutama untuk mobilitas. Bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas, tentu mobil bekas bisa menjadi pilihan Anda.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Namun, ternyata banyak yang merasa kurang percaya diri ketika bernegosiasi dengan penjual saat ingin membeli mobil bekas. Tidak hanya terkait bujet, tapi juga kondisi mobil yang akan dibeli. Dilansir dari Antara, Sabtu 28 Juli 2018, ada tujuh tips yang bisa disimak bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas. Berikut tipsnya:

1. Riset onlineDengan terlebih dulu melakukan riset online, calon pembeli pemula bisa membuat daftar mobil yang diinginkan sesuai dengan anggaran yang tersedia. Dengan demikian, lebih mudah untuk memutuskan akan membeli mobil yang mana.

Baca: Mobil Bekas Toyota Avanza Paling Diburu Konsumen

2. Menentukan bujetPembeli pemula tentunya harus menentukan besaran dana yang bakal digunakan serta apakah pembayarannya secara tunai atau mengangsur. Pastikan harga mobil berada di bawah bujet karena masih ada banyak biaya tambahan yang harus dibayarkan setelah transaksi dilakukan. Di antaranya adalah pajak, bea balik nama, dan asuransi.

3. Percaya diriCalon konsumen harus percaya diri saat menghadapi penjual di diler mobil bekas. Sikap tidak yakin bakal membuat Anda diremehkan dan dianggap tidak serius, akibatnya negosiasi tidak akan berjalan lancar.

4. Bekal pengetahuanCalon pembeli setidaknya harus memiliki pengetahuan dasar tentang mobil yang diincar, misalnya kondisi mesin, interior, hingga eksteriornya. Jangan sampai Anda dikadali oleh penjual.

5. Menanyakan kondisi mobilJangan ragu menanyakan kondisi mobil kepada tenaga penjual. Pertanyaan bisa dimulai dari siapa pemilik sebelumnya, pernah kecelakaan atau terkena banjir, dan kelengkapan surat-surat. Periksa juga buku servis mobilnya untuk memastikan kondisinya saat akan dibeli.

Baca: Mobil Bekas Ferrari Bisa Jadi Investasi, Ini Perhitungannya

6. Kunjungi banyak dilerLuangkan waktu untuk mengunjungi berbagai diler mobil bekas. Ini akan bermanfaat untuk mencari perbandingan harga serta kemungkinan mendapatkan produk yang lebih baik.

7. Jangan terburu-buruMeski sudah yakin dengan jenis mobil yang akan dibeli, harga, dan metode pembayaran, Anda tidak perlu terburu-buru untuk membuat kesepakatan secara cepat. Biasanya, pembeli pemula tidak sabar untuk langsung membawa pulang kendaraan tersebut. Tetapi, sikap tenang dan tidak tergesa-gesa biasanya akan membuat tenaga penjual berusaha meyakinkan Anda dengan lebih keras dan bahkan menawarkan banyak promo serta potongan harga.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi