Saingi Yamaha Xmax, Honda Forza 250 Meluncur di GIIAS 2018
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 3 Agustus 2018 09:09 WIB
Honda Forza 250 cc meluncur di GIIAS 2018. 2 Agustus 2018. (AHM)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Tangerang - PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan skuter matik berbodi bongsor Honda Forza 250cc di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS 2018) di ICE BSD City, Tangerang, 2 Agustus 2018.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Munculnya Honda Forza ini akan menantang Yamaha Xmax yang sudah lebih dulu dipasarkan. Kedua skutik bongsor ini sama-sama mengusung mesin 250cc.

Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma optimistis Honda Forza akan menjadi pusat perhatian baru di antara pada pecinta skutik besar di Indonesia. "Model global ini memiliki desain yang mewah, fitur terkini, dan performa tinggi di kelasnya," kata Inuma di sela-sela peluncuran.

Baca: Adu Spek Honda Forza 2018 vs Yamaha Xmax, Siapa yang Unggul?

Pemimpin pengembangan Honda Forza dari Honda R&D Co., Ltd, Motorcycle R&D Center Hiroshi Yamada mengatakan bahwa Honda Forza didesain dengan bagasi yang cukup besar. Bagasi Forza mampu menampung dua helm full face dengan masih menyisakan ruang yang cukup lapang untuk menyimpan jas hujan.

"Penempatan radiator di bawah, tepat di belakang tanki bensin, mampu menambah kapasitas ruang bagasi," kata Yamada.

Yamada mengklaim posisi radiator yang lebih dekat ke mesin dinilai lebih efisien dan efektif untuk pendinginan.

 Honda Forza dibekali mesin 250cc SOHC berpendingin cair PGM FI. Mesin mampu menghasilkan tenaga 17,3 kW pada 7.500rpm dengan torsi 24 Nm pada 6.250 rpm. Sementara, Yamaha Xmax dipersenjatai mesin 250cc dengan daya maksimum 16,8 kW pada 7.000 rpm dan torsi 24,3 Nm pada 5.500 rpm.

Baca: Honda Forza 250 Dirilis di Jepang: Bongsor Tapi Nyaman

Soal harga AHM belum merilisnya secara resmi, tapi memberikan kisaran Rp 70 jutaan. Harga ini lebih mahal dibanding Yamaha Xmax yang dipasarkan mulai Rp 57,8 juta on the road DKI Jakarta.

Honda Forza dibekali ban tubeless ukuran 120/70 dengan ring 15 M/C untuk ban depan dan 140/70 dengan ring 14 M/C untuk ban belakang. Model ini dilengkapi rem cakram di depan dan belakang dengan menggunakan sistem ABS 2 channel.

Pada bagian tata cahaya, skutik besar ini menggunakan LED yang diaplikasikan di semua titik pencahayaan mulai dari lampu depan, lampu belakang, dan lampu yang terdapat pada cover spion.

Honda Forza 250cc ini juga dilengkapi Honda Smart Key System yang terintegrasi dengan alarm anti maling dan Answer Back System. Sebagai perangkat kelengkapan, Honda Forza dilengkapi DC socket pada rak bagian depan.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi