Jet Limosin Ini Akan Dijual Hingga Triliunan Rupiah
Reporter: Terjemahan
Editor: Eko Ari Wibowo
Minggu, 26 Agustus 2018 13:58 WIB
Jet Limosin yang digarap Jetsetter, Inc. yang berbasis di Illinois. Sumber: facebook Limo-Jets
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Sebuah pesawat jet dirancang ulang menjadi limosin yang bisa digunakan secara legal di jalanan. Limosin ini memiliki panjang 12,8 meter dengan tinggi sayap belakang 3,5 meter. Beratnya mencapai 5.443 kilogram meskipun rangka dan bodi sebagian besar menggunakan bahan alumunium. Limosin ini menggunakan ban besar ukuran 28 inci sehingga memang sangat tinggi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Frank DeAngelo, salah satu tokoh di balik Limo-Jet mengungkapkan ide pembuatan mobil dengan desain jet ini sejak 2006 namun baru setelah 12 tahun bisa terwujud nyata. "Awalnya ide itu sangat gila, tapi kami tetap berupaya melakukannya (ide membuat limosin)," kata DeAngelo kepada Motor1.com yang mewawancarainya lewat sambungan telepon.

Baca: Bugatti Divo Gegerkan Pebble Beach, Harga Rp 84,5 Miliar

Awalnya, limosin ini berasal dari pesawat Lear Jet yang kemudian dirancang ulang dan diubah menjadi mobil. Sebagai mobil maka bobotnya harus ditekan karena bisa merusak jalanan aspal. Beberapa spesialis didatangkan untuk mendesain ulang tulangan baja menjadi sasis dan lembaran alumunium digunakan sebagai bodi mobil. "Bukanlah tugas ini, meski menggunakan berbagai cara," ujar DeAngelo.

 

Interior Jet Limosin yang digarap Jetsetter, Inc. yang berbasis di Illinois. Sumber: facebook Limo-Jets

Ia juga menggaet perusahaan yang merancang suku cadang balap untuk menyiapkan komponen suspensi depan dan belakang. DeAngelo mengatakan bahwa pengereman belakang menggunakan fiberglass raksasa memerlukan waktu sekitar sembilan bulan untuk membuatnya. Belum lagi, proses pengelasannya. Pada interior pun, memiliki sound system yang mengglegar.  

Baca: BMW Z4 M40i Debut di Pebble Beach, Ini Penampakannya

Jet Limosin yang digarap Jetsetter, Inc. yang berbasis di Illinois. Sumber: facebook Limo-Jets

Secara total, proyek ini melibatkan antara 60 dan 100 orang untuk membawa Limo-Jet menjadi kenyataan. Limo-Jet diperkenalkan kepada publik untuk pertama kalinya minggu lalu di KnowledgeFest di Dallas. Tenaga limosin ini menggunakan mesin GM Vortec V8 standar, dan meskipun itu bukan mesin yang paling kencang, tapi lebih dari cukup untuk memacu Jet Limo.

Baca: Toyota Etios Liva Limited Berpenampilan Sporty dan Garang

DeAngelo mengatakan perusahaan sedang mencari sponsor untuk membawa Limo-Jet memamerkannya secara khusus. Ada kemungkinan limosin ini dibuat dalam berbagai powertrains tersedia termasuk tenaga listrik. Soal biaya? DeAngelo tidak mengutip angka tertentu tetapi ia menyebut dalam kisaran tujuh digit dalam uang dolar Amerika Serikat jika dirupiahkan maka harganya tembus triliun rupiah. Misalnya, harganya US$ 1 juta maka jika dikonversi menjadi Rp 14,7 triliun.

MOTOR1

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi