Penjualan Mobil di Cina Tembus 18 Juta Unit Januari-Agustus 2018
Reporter: Antara
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 24 September 2018 15:53 WIB
Penjualan mobil di Beijing, Cina.. REUTERS/Jason Lee
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Lebih dari 18 juta unit mobil terjual di Cina selama periode Januari hingga Agustus 2018, naik sekitar 3 persen dibanding tahun 2017. Demikian dikatakan juru bicara Kementerian Perdagangan Cina, Gao Feng, seperti dilansir Xinhua, Sabtu, 22 September 2018. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kementerian Perdagangan memperkirakan pasar mobil di Cina akan mempertahankan stabilitas pertumbuhannya pada paruh kedua tahun ini. 

Baca: April 2018 Penjualan Mobil di Cina Tembus 2,32 Juta Unit 

"Penjualan mobil secara keseluruhan di Cina stabil dalam delapan bulan pertama tahun ini, dan tren ini akan terus berlanjut dalam beberapa bulan mendatang," kata Gao. 

Gao juga mencatat bahwa penjualan kendaraan penumpang mengalami penurunan 4,6 persen dari tahun ke tahun menjadi 1,8 juta pada Agustus, menghubungkan penurunan bulanan ke level tinggi tahun lalu.

Penyebabnya antara lain sikap menunggu-dan-lihat konsumen setelah pemotongan tarif mobil efektif pada Juli, dan pasar yang menyusut untuk mobil low-end karena peningkatan konsumsi.

Baca: Semester I Penjualan Mobil di Cina Tembus 14,04 Juta Unit 

Meski begitu, Gao optimistis masih ada potensi pertumbuhan untuk pasar mobil di kota-kota ketiga dan keempat Cina, serta wilayah tengah dan barat, meskipun populasi mobil di Cina telah melampaui 200 juta unit.

"Selain itu, kebijakan preferensial untuk pembelian kendaraan energi baru akan berkontribusi terhadap pertumbuhan penjualan," kata Gao.

ANTARA

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi