Tak Hanya Motor, Pesawat Ini Akan Dikustom di KustomFest 2018
Reporter: Pribadi Wicaksono (Kontributor)
Editor: Wawan Priyanto
Selasa, 2 Oktober 2018 15:55 WIB

GOOTO.COM, Yogyakarta - Perhelatan akbar bagi para pecinta otomotif, Kustomfest, bakal kembali digelar di Yogyakarta pada tanggal 6 - 7 Oktober 2018.

Namun, sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, perhelatan yang mengusung tema ‘Color of Difference; dan dipusatkan di Jogja Expo Center (JEC) itu bakal menyuguhkan berbagai highlight dunia custom yang bakal lebih berwarna juga menarik.

“Tak hanya mobil dan motor yang dicustom dalam event kali ini, namun juga pesawat bersejarah milik TNI AU akan ikut dicustom dan dipamerkan pada publik,” ujar Direktur Kustomfest 2018, Lulut Wahyudi, Selasa 2 Oktober 2018.

Baca: Harley-Davidson Model Trike Ini Jadi Lucky Draw Kustomfest 2017

Adapun pesawat yang dicustom yakni pesawat bersejarah RI-X WEL yang merupakan sebuah pesawat pertama yang dibuat anak bangsa tahun 1948 silam.

Pesawat RI-X WEL atau kepanjangan dari Wiweko Experimental Lightplane merupakan pesawat yang pembuatannya dilakukan Biro Rencana dan Konstruksi Markas Tertinggi AURI Seksi Percobaan Pembuatan Pesawat Terbang di Magetan. Di bawah pimpinan Opsir Udara III (Kapten) Wiweko Supono, pesawat itu memiliki mesin Harley Davidson 2 Silinder model tahun 1928 dengan kekuatan 15 daya kuda itu dan selesai dibuat tahun 1948. Selama ini pesawat itu disimpan di Ruang Kronologi, Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Yogyakarta.

Lulut menuturkan, sebagai upaya penghormatan pada pendahulu bangsa yang di masa lalu sudah berhasil membuat pesawat sendiri itulah pihaknya menghadirkan lagi pesawat itu dalam Kustomfest 2018. Agar generasi muda khususnya yang bergelut dalam dunia kustom terinspirasi dan tak lupa sejarah.

Baca: Semangat Putra Motor Modifikasi Mesin Jadi 2 Silinder, Harganya..

“Kami dari Kustomfest juga menyegarkan kembali pesawat itu dengan merestorasi beberapa bagian pesawat,” ujarnya. 

Beberapa waktu lalu, pesawat RI X-WEL itu telah dibongkar beberapa bagiannya untuk diperbaiki di bengkel yang juga markas Kustomfest, yakni bengkel Retro Cllasic Cycles. Seperti bagian skin (kulit) di bagian sayap dan fuselage dan juga memperbaiki sektor warna karena kondisi pesawat sudah termakan usia.

“Saat ini bagian mesin pesawat sudah diperbaiki dengan menggunakan satu mesin motor Harley Davidson WL berkubikasi 750 cc buatan tahun 1925 sehingga akan menjadi pesawat kustom pertama di Indonesia,” ujarnya.

Pesawat RI X-WEL ini tetap mempertahankan rangka badan dari besi dan airfoil sayap dari kayu. Kulit pesawat 80 persen menggunakan kain blacu dengan bagian lainnya menggunakan materi alumunium terutama engine cowling.


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi