Kata Pembalap Alvin Bahar Soal Performa All New Honda Brio
Reporter: Wawan Priyanto
Editor: Eko Ari Wibowo
Kamis, 18 Oktober 2018 17:55 WIB
All New Honda Brio. 17 Oktober 2018. TEMPO/Wawan Priyanto.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pembalap nasional Alvin Bahar menjajal performa All New Honda Brio RS di salah satu kawasan terbuka komplek wisata Garuda Wisnu Kencana, Badung, Bali, 17 Oktober 2018. Ia ditemani sesama pembalap nasional, Rio SB.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Halaman parkir itu terdiri dari dua bagian, satu di tempat yang lebih tinggi, satunya lagi berada di bawahnya. Cone diatur sedemikian rupa di dua halaman parkir ini, mirip seperti area untuk lomba ketangkasan slalom. Tentu saja di beberapa bagian dibuat sedikit rumit untuk tantangan manuver tajam dan zigzag.

Alvin dan Rio kemudian melesat, start dari halaman parkir di atas, turun ke bawah, mengitari cone dengan suara ban berdecit, lalu zigzag dan kembali ke atas. Demonstrasi ini diulang beberapa kali.

Baca: HPM Umumkan Harga All New Honda Brio, Mulai Rp 139 Juta

 

Menurut Alvin, kaki-kaki All New Honda Brio cukup stabil saat digunakan untuk mengitari cone dan melaju zigzag dengan kecepatan tinggi. "Berbeda dengan model sebelumnya, model baru ini memiliki kestabilan yang lebih baik saat bermanuver dengan kecepatan tinggi," katanya.

Alvin mengaku sempat khawatir All New Honda Brio lebih sulit digunakan untuk manuver maupun zigzag karena secara dimensi lebih panjang dibanding model sebelumnya. "Cukup enak untuk cornering meski dengan kaki-kaki standar bawaan pabrik," ujarnya.

Large Project Leader All New Honda Brio, Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd., Tsutomu Harano, membuka rahasia dibalik ubahan pada kaki-kaki All New Honda Brio.

Menurutnya, improvement pada kaki-kaki All New Honda Brio merupakan langkah maju yang diterapkan tim R&D. "Tujuannya untuk memberi kenyamanan yang lebih baik kepada pengguna," katanya.

Baca: Honda Brio Laris, HPM Catat 5.541 Unit SPK di GIIAS 2018

Hurano menambahkan All New Honda Brio mendapatkan paket ubahan pada sektor kaki-kaki yakni dengan dumper, bushing shock, dan spring baru. "Konsep pada kaki-kaki masih sama seperti model sebelumnya, tapi paket baru ini lebih nyaman untuk mengimbangi bodi bongsor All New Honda Brio," ujarnya.

Nilai plus pada All New Honda Brio yang membuatnya stabil saat menikung atau zigzag adalah stabillizer dengan diameter lebih besar. Stabillizer inilah yang menjaga mobil tidak mudah limbung saat menikung meskipun dengan kecepatan tinggi seperti yang dirasakan Alvin Bahar.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi