Upgrade Audio System di Mobil: Harga Rp 800 Ribu Nyaman di Kuping
Reporter: Antara
Editor: Eko Ari Wibowo
Rabu, 24 Oktober 2018 17:23 WIB
Toyota Avanza Veloz BATSUPER milik Rudy Siu dilengkapi 2 subwoofer 12 inci merk Consonace di bagian belakang, speaker 2 way merk HDS di pilan depan dan belakang, 1 monoblock merk Harmonic, 1 power 4channel merek Harmonic, 1 power 4 channel merk AudioBoss, dan head unit menggunakan Kenwood DDX7016BT. TEMPO/Wawan Priyanto.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Audio pada mobil menjadi salah satu sasaran modifikasi bagi kawula muda. Harga yang ditawarkan untuk perangkat ini mulai dari Rp 800 ribuan hingga puluhan juta rupiah. Taksiran harga tersebut Antara peroleh saat mengunjungi pusat penjualan aksesoris dan suku cadang mobil di Atrium Senen, Jakarta Pusat, Selasa.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Di salah satu toko yang khusus menjual perlengkapan audio mobil, diketahui bahwa harga sepaket audio termurah yang terdiri dari power amplifier, subwoofer dan speaker adalah Rp850 ribu. "Paketan audio yang merek asal Cina ada yang Rp850.000. Ini paling murah," kata penjaga toko, Budi.

Baca: Obat Nyamuk Losion Dipakai Goresan pada Cat Mobil, Ini Dampaknya

Kendati harga yang ditawarkan relatif terjangkau, Budi mengklaim bahwa suara yang dihasilkan oleh perangkat audio tersebut tidak kalah jauh dengan paket audio yang dijual dengan harga di atas Rp1 juta. "Kalau dari suara sih memang kalah tapi enggak jauh. Kalau dari spek (spesifikasi) sama kualitas pasti lebih bagus yang (harganya) di atas Rp1 juta," ujarnya.

Di toko lainnya, harga sepaket audio mobil yang terdiri dari power amplifier dan subwoofer merk ADS, serta speaker merk Ultradrive dijual dengan harga Rp1,5 juta. Semua merek tersebut merupakan produk impor asal negeri Tirai Bambu.

Harga paket audio murah memang beragam di beberapa toko. Bagi yang memiliki anggaran lebih, bisa memilih paket audio seharga Rp4 juta yang terdiri dari power amplifier, speaker, dan subwoofer bermerk Soundstream. Jenama asal Amerika Serikat itu menawarkan spek yang lebih lengkap dan kualitas suara yang lebih prima. "Kalau yang cari lebih bagus, pilihannya bisa Soundstream. Itu juga lumayan dicari," ujar pemilik toko Audiostar, Ardi.

Ada pula paket audio yang dijual dengan harga belasan, atau bahkan puluhan juta rupiah. Biasanya paket kelas premium itu dipilih oleh mereka yang memiliki minat khusus terhadap audio mobil.

Baca: Tips Memilih Jok Agar Berkendara Sepeda Motor Lebih Nyaman

Indra, salah seorang penjual menyebut paket audio dengan harga "selangit" itu banyak dicari oleh mereka yang ingin mengikuti kontes audio mobil, atau yang menganggap audio mobil sebagai suatu hal yang prestise.

Indra kemudian menunjukkan paket audio seharga Rp15 juta, yang terdiri dari subwoofer, power amplifier dan sepasang speaker depan belakang merk Impulse, serta processor keluaran Venom. Harga paket tersebut sudah meliputi box khusus speaker di dalam kabin mobil serta lampu warna-warni pemanis perangkat audio.

"Harga Rp15 juta itu untuk yang mobil ukuran sedang ya. Kalau yang mobil besar seperti Fortuner atau Range Rover, itu harga paketnya bisa lebih mahal lagi. Ada yang Rp25juta. Itu sudah kualitas bagus semua," katanya.

ANTARA

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi