Tips Memilih Jok Agar Berkendara Sepeda Motor Lebih Nyaman
Reporter: Wisnu Andebar
Editor: Eko Ari Wibowo
Jumat, 28 September 2018 19:31 WIB
Pengrajin Arsel Jok, Saifudin sedang mengganti kulit jok. TEMPO/Wisnu Andebar
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Jok sepeda motor merupakan aspek penting yang menjadi penunjang kenyamanan dalam berkendara. Apalagi motor dipakai untuk harian yang setiap harinya melintasi macetnya jalan perkotaan, tentunya sangat tidak nyaman dan membuat pegal badan. Lalu bagaimana memilih atau mereparasi jok standar bawaan pabrik motor agar lebih nyaman dipakai harian?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pengrajin Jok Motor Arsel, Saifudin mengatakan bahwa, faktor kenyamanan jok dilihat dari kualitas busa, pilih busa yang teksturnya lembut, tentunya akan mengurangi rasa pegal saat dipakai jarak jauh. kemudian ganti busa yang lebih tebal dan empuk apabila jok standar motor mulai keras dan tidak nyaman.

Baca: Tips Naik Sepeda Motor Trail bagi Pemula

Jika ingin memperhatikan aspek kenyamanan dan tampilan masih tetap bagus dipandang, papas jok membentuk lekukan namun jangan terlalu tipis. Tujuannya agar nyaman dan posisi berkendara tidak mudah berubah.

Ia melanjutkan, untuk jenis kulit yang dipakai juga mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara. “Pilihlah bahan dasar pelapis yang lentur, sehingga saat duduk pelapis mengikuti lekuk tubuh yang menempel pada jok. Jangan pilih bahan yang teksturnya keras dan kaku,” ujarnya kepada Tempo di Bogor pada Jumat, 28 September 2018.

Deretan jok motor yang dijajakan di Arsel Jok, Bogor, Jumat 28 September 2018. TEMPO/Wisnu Andebar

Menurut Saifudin, konsumen juga biasanya punya desain sendiri sesuai selera masing-masing, tapi ia tetap menyarankan bentuk yang bagus menyesuaikan motornya.

Ia mengklaim kalau busa bawaan motor Yamaha lebih empuk dan kualitas kulitnya juga lentur. Jika ingin mengganti pelapis jok, ia menyarankan untuk memakai MBtech karena bahannya cukup lentur yang di banderol sekitar Rp 90 ribu.

Baca: Ban Keluar dari Pabrik Tak Boleh Langsung Dipakai, Ini Sebabnya

Untuk lama pengerjaan jok tergantung dari kesulitan desain yang diinginkan konsumen. Kalau hanya mengganti busa, papas jok, mengganti kulit jok itu bisa ditunggu. Namun kalau ada permintaan desain bisa membutuhkan waktu satu pekan.

Soal harga untuk jenis pelapis jok ada beberapa bahan sintetis dengan kualitas berbeda-beda, bahan tersebut dibanderol mulai Rp 40 hingga 100 ribu. Sedangkan untuk ganti busa motor dibanderol Rp 100 hingga 150 ribu, dan papas dibanderol Rp 15 ribu.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi