Motor Bebek Retro Ini Pesaing Honda Super Cub 125
Reporter: Tempo.co
Editor: Eko Ari Wibowo
Jumat, 2 November 2018 15:17 WIB
SYM Cub Classic memiliki desain bebek retro menjadi pesaing Honda Super Cub. TEMPO/Eko Ari Wibowo
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - SYM menampilkan motor bebek retro Cub Classic dengan model mirip Honda Super Cub 125. SYM berani membanderol Cub Classic dengan harga hampir sepertiga bebek retro Honda yaitu hanya Rp 18,8 juta. Sedangkan Honda Super Cub C125 mencapai Rp 55 juta setara dengan harga motor sport berkapasitas 250cc. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Baca: AHM Minta Konsumen Tak Asal Memodif Jok Honda Super Cup 125

"Sekarang masih inden, mulai dipasarkan Januari hingga Februari 2018," kata Randy, Sales Marketing SYM pada ajang Indonesia Motorcycle Show atau IMOS 2018 di Jakarta Convention Center, Jumat 2 November 2018.

SYM Club Classic mengandalkan mesin 110cc satu silinder SOHC pendinginan udara. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 6 Kilo Watt pada putaran 7.500 rpm dan torsi 8 Nm pada putaran 5.500 rpm. Sedangkan penyalur tenaga masih mengandalkan 4 percepatan. Motor memiliki rasio kompresi 8,8:1 masih aman menggunakan bahan bakar pertalite. Motor ini hanya mampu meraih kecepataan tertinggi 85 kilometer per jam karena motor ini didesain retro bukan untuk ngebut.

SYM Cub Classic memiliki desain bebek retro menjadi pesaing Honda Super Cub. TEMPO/Eko Ari Wibowo

Kesan lawas ditampilkan dengan penggunaan lampu bulat hanya saja sudah menganut LED, termasuk lampu belakang dan lampu sein. Instrumen speedometer masih mengandalkan jarum belum digital. Hanya saja pada batok kepala menggunakan plastik bukan lagi besi kaleng seperti masa lampau. 

Baca: Dipajang di Kustomfest, Inden Honda Super Cub 125 Melonjak

Ditambah lagi, velg yang digunakan masih jari-jari dengan jarak yang rapat dengan ban tipis 70/80-17 di depan dan 80/90-17 di belakang. Bahkan sistem pengabutan bahan bakar masih mengandalkan karburator bukan injeksi seperti pada Honda Super Cub 125. "Kami memang menampilkan yang benar-benar retro," ujarnya.

SYM Cub Classic memiliki desain bebek retro menjadi pesaing Honda Super Cub. TEMPO/Eko Ari Wibowo

Dimensinya imut dengan panjang 1.900 mm, lebar 690 mm dan tinggi 1.010 mm. Motor yang akan diproduksi di Cibitung, Bekasi tersebut memiliki jarak sumbu roda 1.230 mm, tinggi jok 755 mm, ground clearance 120 mm dan berat 101 kilogram. Salah satu keunggulan dari Cub Classic adalah konsumsi bahan bakar mencapai 1,6 liter per 100 kilometer.

Meski berdesain retro motor ini memiliki fitur kekinian yaitu penggunaan soket charger. Lampu-lampu kini juga sudah LED hingga pada penerangan di speedometer.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi