Inilah 4 Faktor Pemicu Mobil Terbakar dan Cara Mencegahnya
Reporter: Wisnu Andebar
Editor: Eko Ari Wibowo
Rabu, 16 Januari 2019 20:18 WIB
Sebuah mobil Toyota Avanza silver No Pol B 1765 PZA terbakar di gerbang komplek perumahan Grand Depok City, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, Minggu 18 Maret 2018 malam.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Kasus kebakaran yang terjadi pada mobil sudah sering terjadi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan mobil terbakar, berikut ini empat hal yang bisa memicu terjadinya kebakaran mobil.

Menurut Kepala Mekanik GN Auto Service, Suherlan mengatakan bahwa mobil terbakar disebabkan oleh korslet pada kelistrikan mobil. Menurut dia, faktor yang satu ini biasanya paling sering terjadi. "Hal ini biasanya karena kabel listrik yang tidak terawat atau termakan usia, dan menyebabkan kabel terkelupas hingga mengalami hubungan arus pendek," ujarnya kepada Tempo Rabu, 16 Januari 2019.

Baca: Bosch Sebut 3 Modifikasi Ini yang Bisa Ganggu Sistem ABS

Selain itu, lanjut dia, jika bagian kabel yang terkelupas ini menyentuh bagian bodi mobil atau terkena air akan memicu terjadinya korslet. Alhasil seluruh sistem kelistrikan mobil bisa terganggu. Ia menyarankan agar selalu merawat bagian kistrikan mobil terutama menjaga kebersihan dan segera ganti apabila ada yang terkelupas.

Kemudian overheat, biasanya terjadi pada mobil yang usianya sudah cukup tua, tapi tak menutup kemungkinan mobil keluaran baru bisa terjadi. "Jika tidak secara rutin memeriksa bagian radiator bisa saja airnya habis dan menimbulkan panas pada mesin secara berlebih," ujar Suherlan.

Selain karena air radiator yang habis, beberapa faktor yang membuat munculnya api juga bisa karena adanya berbagai masalah pada sistem radiator lainnya. "Agar tidak terjadi kehabisan air radiator harus selalu memeriksa batas air radiator jangan sampai di bawah ukuran yang tersedia," ia menambahkan.

Kebocoran tangki bahan bakar juga pastinya sangat berbahaya. kebocoran ini biasanya disebabkan tanki yang sudah berkarat atau selang bensin yang sudah termakan usia. "Jika ada pemicu panas sedikit saja mobil bisa langsung terbakar dalam sekejap," kata Suherlan.

Simak: Cara Mengendarai Jip Mercedes-Benz saat Melewati Genangan Air

Ia mencontohkan ketika kecelakaan akan menyebabkan benturan hingga gesekan sangat keras, ditambah cairan bahan bakar atau oli bisa bocor, benturan dan gesekan ini bisa menimbulkan percikan api. "Sehingga tak jarang saat terjadi kecelakaan banyak mobil yang terbakar," ujarnya.

Suherlan menambahkan, soal bisa diperbaiki atau tidak, bisa saja selagi pemiliknya mau dan seberapa parah kerusakannya. Namun, jika mobil hangus dan hanya menyisakan rangka mobil, "Lebih baik beli mobil lagi karena diperkirakan biayanya bisa puluhan juta dan membutuhkan waktu yang lama."

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi