Jangan Modifikasi Berlebihan, Ini 7 Penyebab Mobil Terbakar
Reporter: magang_merdeka
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 18 November 2022 09:30 WIB
Mobil listrik Tesla Model S Plaid terbakar di Pennsylvania, AS pada 2 Juli 2021. REUTERS
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Memiliki mobil bukanlah hal yang mudah, di mana para pemiliknya harus melakukan perawatan. Salah satu hal yang terpenting lainnya adalah memastikan keadaan mobil, baik ketika berkendara maupun setelahnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pastikan semua kondisi mesin normal, agar tidak terjadi hal membahayakan seperti mobil terbakar. Hal ini harus selalu diperhatikan untuk keselamatan pengemudi dan penumpang mobil. Berikut 7 hal penyebab mobil terbakar dikutip Auto2000 pada Jumat, 18 November 2022:

Overheat

Ketika menggunakan mobil tentunya mesin akan mengalami peningkatan suhu. Akan tetapi di dalam mesin terdapat air radiator yang membantu mengurangi suhu. Ketika mesin overheat maka ada dua masalah yang mungkin terjadi, yakni air radiator berkurang dan mesin terlalu bekerja keras di tengah terik matahari.

Sistem Kelistrikan Bermasalah

Sistem kelistrikan menjadi komponen paling penting pada mobil. Jika terdapat masalah pada sistem ini, mobil tidak akan berjalan sempurna. Permasalahan lainnya adalah adanya kelonggaran kabel sehingga bisa saja membuat korsleting dan menimbulkan kebakaran.

Kebocoran Bahan Bakar

Kebocoran juga bisa saja terjadi pada bahan bakar dan oli. Jika hal ini dibiarkan terlalu lama, maka akan menimbulkan masalah yang besar, seperti kebakaran. Hal ini sangat berbahaya, kedua cairan tersebut sangat sensitif ketika terkena api.

Modifikasi Berlebih

Modifikasi mobil ini juga bisa saja mengakibatkan mobil kebakaran. Menurut Auto2000, modifikasi berlebihan bakal mengganggu kinerja mesin, hingga membuat mobil tidak bekerja secara maksimal.

Servis di Tempat yang Salah

Hal kecil lainnya yang bisa menjadi penyebab kebakaran mobil adalah servis mobil di tempat yang salah. Apabila kendaraan tidak diservis dengan cara yang tepat, maka bisa saja mobil Anda bakal  kebakar.

Kecelakaan Lalu Lintas

Kecelakaan lalu lintas merupakan penyebab besar terjadinya mobil terbakar. Tabrakan antar pengemudi bisa mengakibatkan kebocoran atau kerusakan pada komponen tertentu. Bahkan tak jarang juga menimbulkan ledakan.

KHOLIS KURNIA WATI | AUTO2000

Baca juga: 5 Merek yang Penjualan Mobilnya Meningkat di Oktober 2022

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi