Alasan Ban Depan Motor Trail Berdiameter Lebih Besar
Reporter: Wisnu Andebar
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 25 Februari 2019 19:49 WIB
PT Sumi Rubber Indonesia (Surindo), produsen ban merek Dunlop meluncurkan ban sepeda motor terbaru yaitu DGX-01. 21 Februari 2019. TEMPO/Wisnu Andebar
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Ukuran roda depan motor trail memiliki diameter lebih besar jika dibandingkan diameter roda belakang. Apa sih alasannya?

Menurut Dept Training Sales PT Sumi Rubber Indonesia (Dunlop), Dwi Ibnu Baskoro, filosofi untuk offroad itu roda depan memang lebih besar karena berfungsi untuk meredam kejut, sedangkan roda belakang yang lebih kecil untuk membantu saat belok.

Baca: 5 Tips Bermain Sepeda Motor Trail bagi yang Bertubuh Pendek

"Roda depan juga berfungsi untuk melibas gelombang pada permukaan jalan yang besar," ujarnya di Jakarta pada Kamis, 21 Februari 2019.

Diameter roda yang lebih besar dari roda belakang, otomatis travel shock depan juga lebih panjang, supaya mudah dalam melibas segala medan.

Baca: Dunlop Luncurkan Ban Khusus Motor Trail, Cocok untuk Harian

 "Kalau motor onroad itu ukuran roda depan dan belakang sama, karena sudut kemiringan saat menikung tentu berbeda," ujarnya. 

Selain ukuran diameter roda lebih besar, motor trail juga cenderung menggunakan velg jari-jari. Karena menurut Ibnu velg jari-jari lebih ringan dan kuat, sehingga power bisa tersalurkan secara maksimal. "Medan offoroad kan banyak bumpy dan hentakan, maka dibutuhkan pelek yang lebih kuat," Ibnu mengatakan.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi