Wuling Siap Menggoyang Mitsubishi L300 di Pasar Ambulance
Reporter: Pribadi Wicaksono (Kontributor)
Editor: Eko Ari Wibowo
Selasa, 19 Maret 2019 18:04 WIB

GOOTO.COM, JakartaWuling Motors Indonesia secara resmi memperkenalkanambulance pada gelaran Indonesia Procurement Forum & Expo (IPFE) 2019 di Yogyakarta, Selasa, 19 Maret 2019. Model ini menggunakan basis Wuling Confero tipe S atau standar 1.500 cc yang karoserinya menggandeng pabrikan spesialis ambulance PT Ambulance Pintar Indonesia.

Branch Manager Wuling Motor Yogyakarta, Budi Dharmawan menuturkan produk Ambulance Wuling ini sudah siap bersaing dengan ambulance yang menggunakan chasis merek lain. Termasuk menggoyang dominasi seri ambulance yang selama ini banyak ditanamkan pada Mitsubishi L300.

Baca: Toyota Starlet Bisa Tampil Lebih Muda dengan Modif, Ini Biayanya

“Yang jelas secara harga Wuling Ambulance ini jauh lebih murah, dengan kisaran harga Rp 200 juta saja mendapatkan kualitas sama dengan yang harga di atas Rp 300 juta,” ujar Budi.

Adapun spesifikasi Wuling Ambulance itu dengan harga yang ditawarkan sudah masuk type tertinggi alias deluxe untuk spesifikasi baik eksterior dan interiornya.

Wuling Confero tipe S yang diubah menjadi mobil ambulance. 19 Maret 2019. TEMPO/Pribadi Wicaksono

Wuling Ambulance sudah dilengkapi sirine multi suara lengkap dengan mikrofon, jok dokter, tempat duduk perawat plus box peralatan, landasarn stretcher dilengkapi scoop stretcher, tabung pemadam, sapai modifikasi lantai berbahan polywood dilapisi vinyl.

Tak hanya itu, Wuling Ambulance ini juga sudah didukung system Central Oksigen BSS yang menyediakan dua tabung oksigen ukuran 1m3, dua buah regulator standar, serta selang oksigen tekanan tinggi.  Termasuk bagian automatic stretcher juga dibuat dengan konstruksi rangka full alumunium.

Budi menuturkan perkenalan di pameran Yogyakarta itu, sekaligus untuk membidik pasar area DIY-Jawa Tengah.  

Baca: Cara Merawat Toyota Starlet Agar Tetap Handal Dibawa Naik Gunung

“Untuk klinik-klinik di Jawa Tengah sudah beberapa pesan, untuk di Yogya ini baru diperkenalkan dan kami bidik ke pemerintahan daerah,” ujarnya.

Untuk wilayah Bekasi juga saat ini sudah menggunakan sedikitnya 15 unit Wuling Ambulance.  

Budi menuturkan adanya program Dana Desa yang kini menjadi pendukung operasional desa untuk bidang layanananya, Wuling Ambulance telah diperkenalkan untuk jadi piihan. Harapannya setiap desa di Yogya bisa memilih Wuling Ambulance untuk melayani bidang kesehatan masyarakatnya.

Wuling Ambulance ini sendiri juga membidik BUMN atau swasta yang hendak menyalurkan program CSR (Corporate Social Responsibility) kepada kelompok masyarakat.

Budi menuturkan, jika ada permintaan Wuling Ambulance ini, konsumen akan mendapat dua tawaran. Apakah hanya unit mobilnya saja atau sekalian yang sudah dalam bentuk karoseri ambulance jadi.

Perwakilan karoseri PT Ambulance Pintar Indonesia Kukuh Aryo Mujono membenarkan jika produk Wuling Ambulance termasuk seri termurah di kelasnya.

“Keunggulannya memang harga paling murah, dengan daleman (fitur) sama dengan merek lain seperti Mitsubishi L300 yang harganya masih di atas Rp 300 juta, tapi semua tergantung konsumen sreg yang mana,” ujarnya.


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi