Saingi Yamaha Niken, Honda Siapkan Sepeda Motor Roda 3
Reporter: Khairul Imam Ghozali
Editor: Wawan Priyanto
Selasa, 9 April 2019 13:42 WIB
Gambar sketsa Honda NeoWing, calon pesaing Yamaha Niken. (rideapart.com)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Salah satu raksasa produsen motor asal Jepang, Yamaha, meluncurkan motor tiga roda atau disebut trike dengan tenaga besar pada 2017. Motor yang dijuluki Yamaha Niken itu kini bakal punya saingan dari produsen motor raksasa asal Jepang lainnya, Honda.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Keinginan Honda untuk turut melahirkan jenis motor tiga roda mungkin bukan tanpa alasan. Mengingat jenis motor tersebut merupakan sesuatu yang inovatif.

Baca: Yamaha Niken Segera Dipasarkan, Simak Kelebihannya

Seperti yang diberitakan rideapart, Selasa 9 April 2019, ditemukan dua paten untuk jenis motor seperti Niken, dan dipastikan itu adalah milik Honda yang akan membuat motor roda tiga berpenggerak hibrida. Konsep ini sebenarnya sudah muncul pada 2017 dengan nama Honda NeoWing. Namun belum masuk jalur produksi hingga saat ini. 

Dengan paten tersebut artinya Honda benar-benar serius terhadap trike terlebih lagi menyangkut kehebatan trike dalam manuver miringnya.

Seorang bocah melihat sepeda motor yang dipamerkan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Yamaha Niken, dalam Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 di JCC, Jakarta, 1 November 2018. TEMPO/Fardi Bestari

"Badan kendaraan dapat mengayun secara horizontal (dapat menggelinding) dalam keadaan di mana roda kanan dan kiri 2 sama-sama menyentuh tanah," demikian pernyataan dari Honda.

Salah satu yang menarik pada motor trike Honda adalah penggunaan mesin flat 6 seperti pada Honda Gold Wing. Namun, paten tersebut menggambarkan tata letak empat silinder yang disajikan dalam desain. Honda menawarkan beberapa kejelasan tentang ini, seperti yang dikatakan dalam aplikasi pengajuan patennya.

Baca: Yamaha Niken Telah Meluncur, Simak Kelemahannya

"Bagaimanapun, mungkin tipe dua silinder atau tipe enam silinder," lanjutnya.

Meskipun demikian, juka motor trike Honda akan menggunakan mesin GL1800, motor itu kemungkinan akan menjadi yang paling kuat di pasaran. Alasannya mesin tersebut berkapasitas 1,000 cc, sedangkan Niken hanya menyediakan 847cc. Mesin Gold Wing saat ini mampu menyemburkan 126.7 hp sedangkan Niken memiliki 114.5 hp.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi