Yamaha Niken Tak Kalah Nyaman dari Tipe FJR
Reporter: Terjemahan
Editor: Eko Ari Wibowo
Jumat, 15 Juni 2018 07:15 WIB
Yamaha memamerkan Niken motorsport beroda tiga. Sumber: auto.ndtv.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Yamaha telah merilis Yamaha Niken yaitu motor sport dengan tiga roda yang menjadi penerus Tricity, matik beroda tiga. Motor ini mengandalkan dua roda dan dua suspensi di bagian depan. Meski beroda tiga, Yamaha Niken tidak bisa berdiri sendiri layaknya Piaggio MP3. Yamaha Niken dibekali mesin 847cc yang sama digunakan Yamaha MT-09.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Motor unik ini dibekali stang lebar akan menambah kenyamanan saat perjalanan jauh. Bobot motor cukup berat 263 kilogram dengan tangki terisi penuh bahan bakar, lebih berat 50 kilogram dari Tracer 900 dan lebih ringan 20 kilogram dari FJR1300. Memang butuh tenaga dan konsentrasi saat menegakkan motor namun jika sudah berjalan lebih stabil dengan keseimbangan yang pas.

Baca: Honda CBR1000R 2019 Siap Kalahkan Yamaha YZF-R1

Ketika mulai mengendarai motor ini tak akan terasa lagi ada roda tambahan. Yamaha Niken tidak sulit dikendarai bahkan terasa mirip mengendarai Yamaha FJR, salah satu motor touring ternyaman. Memang, terkadang kendali atau kontrol agak sulit dikendalikan ketika mencapai kecepatan tinggi, namun tidak membuat kekhawatiran. Posisi berkendara sedikit lebih santai daripada Tracer, dengan stang dan kursi lebih rendah dan lebih ke belakang, dan sedikit ruang untuk kaki.

Bagi yang belum terbiasa akan kaget ketika satu ban menabrak benjolan atau lubang, suspensi bisa bereaksi sementara kaki yang lain tidak terpengaruh. Dengan jarak travel yang lebih panjang dibandingkan motor Yamaha lain sekitar 110mm tentu akan lebih baik dalam menghadapi guncangan. Adanya pengaturan suspensi juga menambah kenyamanan berkendara.

Baca: TVS Apache RR 310 Versi Balap: Top Speed 175 KM per Jam

Mesin yang sama dengan MT-09 terasa kurang bertenaga dengan berat yang lebih. Sehingga ketika gas dibejek responnya sedikit lebih lambar namun hal tersebut dikompensasi dengan penggunaan gear yang lebih ringan dua mata. Motor ini memiliki 3 mode berkendara dengan dua mode kontrol traksi. Namun ketika menggunakan mode yang paling agresif tak terasa perbedaan dari MT-09.

Di jalan lurus, Yamaha Niken mampu dibejek hingga 130mph dan stabil. Motor ini cukup nyaman dengan adanya fairing yang mampu membelah angin. Saking nyamannya terkadang saat dipakai menikung footstep menyentuh aspal. Namun tidak seperti motorsport lainnya, dengan dua roda depan radius putarnya menjadi lebar. Beberapa pengendara merasakan rem kurang pakem dan ban yang licin. Hanya saja, masalah ini diatasi dengan lebih kuat menekan handel rem apalagi penghenti laju ini sudah disertakan sistem Antilock Brake System.

CARLONEASH

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi