AMMDes Disebut Sudah Digunakan untuk Angkut Pisang
Reporter: Muhammad Kurnianto (Kontributor)
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 15 April 2019 12:45 WIB
Mobil AMMdes di GIIAS 2018. 3 Agustus 2018. TEMPO/Wisnu Andebar

GOOTO.COM, Jakarta - Pengembangan kendaraan alat multiguna perdesaan (AMMDes) sudah digunakan untuk membantu korban gempa bumi di wilayah Palu Sulawesi Tengah.

"Kami sudah menggunakan AMMDes ini untuk membantu korban tsunami di Palu, kendaraan ini digunakan untuk mengangkut mesin filter air, kami membantu untuk paska bencana di sana," ujar Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam acara Indonesia Industrial Summit 2019 di ICE, BSD, Senin 15 April 2019.

Baca: Lika-liku Mobil Esemka Menjadi Kendaraan Multiguna AMMDes

Menurut Airlangga kendaraan ini juga di jadikan sebagai ambulance di daerah teritorial seperti di wilayah Pandeglang, Banten, dan ini menjadi prototipe yang akan dikembangkan ke depannya.

"Kalau di Lampung dipakai untuk panen pisang, kendaraan ini memang betul- betul digunakan untuk angkutan di daerah pedesaan sesuai dengan namanya," ungkapnya.

Dalam acara Indonesia Industrial Summit 2019 di ICE BSD dari tanggal 15 sampai 16 April ini, berbagai macam produk industri 4.0 di pamerkan.

Baca: AMMDes Bisa Dipesan di GIIAS 2018, Harga Mulai Rp 60 Juta

Terlihat berbagai teknologi Industri yang menggunakan robotik dalam memproduksi selain itu terlihat juga perusahaan yang memproduksi dengan memggunakan teknologi augmented reality.

AMMDes sendiri memiliki maksimal power sebesar 14 hp/3.000 rpm dengan menggunakan elektrik starter dan memiliki tiga percepatan dan satu gigi mundur.

Untuk bahan bakar, AMMDes sendiri menggunakan solar dengan kapasitas 15 liter, AMMDes juga memiliki pendingin radiator dengan ground clearance 192 mm.

#AMMDes
#Airlangga Hartarto
#Mobil Desa

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi