Tips Menghindari Ngantuk Saat Nyetir
Reporter: Gooto.com
Editor: Atalla Suwarmo Soefeno
Selasa, 16 April 2019 15:49 WIB

GOOTO.COM, Jakarta  Jangan mengabaikan ngantuk saat mengendarai mobil. Efek ngantuk dapat mengurangi tingkat konsentrasi berkendara Anda, serta responsivitas tangan terhadap lingkar kemudi juga tidak maksimal.Ini dikarenakan saat ngantuk, saraf sensorik dan motorik melemah sehingga refleks juga menjadi kurang responsif.Ngantuk juga dapat diakibatkan oleh tingkat kejenuhan yang meningkat saat berkendara atau kondisi jalan yang lurus. Bagaimana cara menghindari ngantuk? Ikuti tips berikut ini.

Istirahat dan olah raga ringanUntuk menghilangkan kelelahan dan mengantuk adalah beristirahat.Apabila dalam perjalanan, Anda sudah mulai merasa ngantuk, disarankan untuk berhenti sejenak mengendarai mobil. Berbaring minimal 20 menit, dan setelah itu lakukan olahraga ringan dengan menggerakkan kepala, bahu, lengan tangan, bahu dan lutut. Lakukan gerakan menarik ke atas, memutar, dan melipat. Melalui gerakan yang berurutan secara benar, maka otot bisep dan trisep akan kembali segar dan asam laktat di otot-otot berkurang.

Baca: 9 Tips Aman Berkendara Saat Hujan

Kurangi makanan karbohidratAgar tidak cepat ngantuk saat mengendarai mobil, usahakan untuk menghindari makananan berkabohidrat tinggi, seperti nasi putih dan roti. Zat tersebut memicu ngantuk, ini disebabkan oleh asam amino di karbohidrat akan diubah menjadi niacin dan vitamin b, yang mengakibatkan cepat ngantuk. Untuk pengganti karbohidrat, sebaiknya diganti oleh buah atau coklat. Kandungan vitamin dalam buah dapat lebih menguatkan kerja motorik.

Sediakan permen KopikoUntuk menghindari ngantuk, Anda dapat makan permen Kopiko. Permen ini mengandung gula, glukosa, minyak nabati, ekstrak kopi, krim susu, pewarna karamel, lesitin, garam, pewarna alami dan buatan. Tekstur permen ini keras, tetapi lembut.Saat perjalanan jauh permen ini dapat dimakan setiap 3 jam, untuk mencegah ngantuk.

Pasang musik yang Anda sukaiTrik mengurangi rasa lelah dan ngantuk saat mengendarai mobil, Anda dapat mendengarkan jenis musik yang sangat cocok saat menyetir. Seperti jenis musik dengan beat yang tinggi, dapat mengubah mood lebih bersemangat dan dapat mengurangi rasa ngantuk. 

Lengkapi dengan lumbar supportUntuk menghindari rasa pegal pada punggung dan jenuh saat Anda telah duduk terlalu lama di kursi mobil Anda. Sebaiknya dapat  dilengkapi dengan lumbar support, yang berfungsi untuk mengurangi ketegangan pada urat – urat syaraf pada punggung Anda, yang juga dapat menimbulkan rasa ngantuk. Fitur tersebut bisa Anda dapatkan di toko – toko terkemuka, seperti ace hardware shop, dijual dengan harga kisaran di atas Rp 250 ribu.

Baca: Tips Berkendara Agar Hemat Bahan Bakar


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi