Degreaser Si Ampuh Pembersih Kotoran Di Mesin
Reporter: Gooto.com
Editor: Atalla Suwarmo Soefeno
Selasa, 23 April 2019 08:37 WIB

GOOTO.COM, Jakarta -Semua pemilik kendaraan pastinya menginginkan ruang mesinnya sebersih mungkin. Namun kerap kali kotoran yang sudah lama melekat pada bagian mesin Anda, sulit untuk dibersihkan dengan air atau shampoo mobil. Bahkan sabun saja tak akan mampu mengangkat kotoran sejenis oli atau bekas aspal.

Baca:Cara Mudah Membersihkan Kerak di Mesin Motor

Dan sering kali banyak celah – celah sempit pada blok mesin, yang sulit untuk dijangkau. Kesulitan lain untuk mencuci pada bagian mesin juga disebabkan oleh banyaknya komponen yang beraliran listrik atau juga berhubungan dengan sistem pasokan bahan bakar. Apabila bagian tersebut terkena air dapat menimbulkan korsleting.

Komponen seperti karburator atau injektor juga rawan terhadap air, dan ini dapat menyebabkan air masuk ke dalam sistem pembakaran di mobil Anda. Jika didiamkan maka mesin tidak dapat dihidupkan. Mengingat dapat menimbulkan masalah apabila sembarangan mencuci. Degreaser adalah salah satu jawabannya.

Degreaser tersebut mengadung zat – zat kimia tertentu yang dapat melawan sulitnya membersihkan pelumas atau aspal yang menempel ada mesin. Setelah dioles atau disemprotkan, zat kimia tersebut akan bereaksi, agar dapat melepas kotoran dari permukaan mesin.

Bagaimana cara membersihkan dengan degreaser?

Disarankan agar dapat membersihkan secara maksimal dengan menggunakan degreaser. Semprotkan engine degreaser pada bulu sikat atau bagian di mesin yang perlu dibersihkan. Lalu setelah itu semprotkan dengan air. Sebaiknya tidak membasahi pada bagian kelistrikan, karena ini dapat menyebabkan korsleting.

Agar bagian yang rentan terhadap air tidak menimbulkan korsletting, sebaiknya ditutup dengan bungkus plastik  atau juga dapat dibersihkan dengan WD 40, karena penetran ini tidak akan menghambat aliran listrik atau menyebabkan terjadinya hubungan pendek. Serta juga berguna untuk menghindari korsletting tanpa menimbulkan efek samping. 

Baca: Selain Melumasi, Berikut Empat Tugas Oli Mesin Kendaraan 


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi