Cara Merawat Pelapis Jok Mobil agar Tetap Bersih
Reporter: Bisnis.com
Editor: Eko Ari Wibowo
Minggu, 12 Mei 2019 13:16 WIB

GOOTO.COM, Jakarta - Jok mobil memberikan kenyamanan berkendara. Hanya saja, gara-gara serpihan makanan, tumpahan air minum, abu rokok jok mudah kotor bahkan jika pemilik mobil sering memarkirkan kendaraannya di bawah terik matahari dapat menyebabkan warna jok cepat pudar.

Baca: Berkendara Jauh saat Berpuasa, Begini Cara Menyiasatinya

Bahan pelapis jok mobil beragam, ada genuine leather, synthetic leather, dan soft fabric. Sangat penting untuk mengenali bahan pelapis jok mobil Anda agar tidak salah dalam perawatannya. Seperti dikutip dari laman resmi Nissan Indonesia, cara merawat berbeda sesaui bahan pelapis jok mobil.

1. Genuine Leather. Mobil-mobil premium pasti menggunakan kulit asli pada joknya. Ketika jok terkena noda atau kotor, gunakan vacuum cleaner, setelah itu usap permukaan jok menggunakan plas chamois yang sudah lembap.

Bisa juga semprotkan atau tuangkan sedikit cairan pembersih ke area yang ingin dibersihkan, lalu sikat perlahan dengan sikat gigi. Setelah itu, keringkan bagian tersebut dengan lap microfiberbersih sebelum cairan pembersih tersebut mengering.

2. Synthetic Leather. Untuk bahan sintetis biasanya harus dibersihkan dengan obat pembersih khusus. Apabila tidak memiliki obat pembersih khusus, gunakan shampoo atau pembersih kaca. Tetapi, jangan menggunakan detergen atau alkohol karena akan merusak jok berbahan sintetis.

3. Soft Fabric. Bahan soft fabric bisa ditemukan di berbagai jenis mobil. Untuk membersihkan debu dan kotoran cukup gunakan vacuum cleaner, lalu semprotkan sedikit cairan pembersih ke area yang ingin dibersihkan, selanjutnya sikat perlahan menggunakan sikat gigi searah permukaan.

Baca: Tips Pilih Head Unit untuk Mudik Bersama Keluarga

Bila sudah bersih, keringkan jok dengan cara melepas jok dan menjemurnya tidak langsung di bawah sinar matahari langsung. Bisa juga Anda mengeringkannya dengan membuka semua pintu mobil.

Perawatan jok mobil bisa dilakukan sendiri karena bahan dan peralatan yang digunakan sangat mudah ditemui. Perawatan jok mobil dapat dilakukan sendiri dengan jangka waktu minimal dua bulan sekali.

BISNIS

#Pelapis Jok Mobil

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi