Tips Membeli Mobil Bekas untuk Mudik Lebaran
Reporter: Bisnis.com
Editor: Nurdin Saleh
Selasa, 14 Mei 2019 15:41 WIB
Penjualan mobil bekas di OLX.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pembelian mobil bekas boleh menjadi pilihan bagi sebagian kalangan yang ingin memboyong keluarga ke kampung halaman pada musim mudik Lebaran 2019.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mobil bekas punya beberapa kelebihan, antara lain harga lebih miring, ragam pilihan mobil yang menyesuaikan anggaran, hingga unit kendaraan yang langsung dibawa pulang tanpa menunggu proses keluarnya Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) layaknya mobil baru.

Namun membeli mobil bekas bukanlah hal mudah, terutama untuk pembeli mobil pertama. Jika mendapatkan unit yang kurang beres, maka isi kantong Anda akan terkuras untuk keperluan servis dan perjalanan mudik menjadi tidak nyaman.

Baca: Carsome Buka Jual Beli Mobil Bekas, Ini Keunggulannya

Berikut sejumlah hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli mobil bekas untuk mudik:

Interior

Halomoan Fischer, Presiden Direktur gerai penjualan mobil bekas Mobil88, mengatakan salah satu cara menilai mobil bekas yang terawat adalah dengan memperhatikan bagian dalam kabin mobil.

Menurut Halomoan, interior yang masih bagus menunjukkan bahwa pemilik sebelumnya memperhatikan kebersihan dan perawatan mobil.

"Ingin tahu bagaimana mobil itu dirawat bagus? Lihat interiornya. Kalau dalamnya bersih, misal karpet, dashboard, kursi, plafon terawat, artinya pemilik sebelumnya mengurus mobil dengan baik," kata Halomoan kepada media beberapa waktu lalu.

Baca: Separuh Pencari Mobil Bekas Memburu Toyota Innova

Gerai terpercaya

Hal kedua yang harus menjadi perhatian menurut Halomoan adalah, calon konsumen diharapkan membeli mobil di gerai-gerai terpercaya.

"Kita harus tahu bagaimana mobil itu sebelumnya. Makanya beli di jaringan yang terpercaya. Mudik itu perjalanan jauh, kasihan kan kalau sampai bermasalah di jalan," jelas Halomoan.

Gerai penjualan mobil bekas yang baik akan menjelaskan dari mana mobil itu didapat, karakter pemilik sebelumnya, hingga riwayat servis mobil itu.

Penjual mobil bekas terpercaya juga akan menawarkan opsi mobil lain sesuai anggaran calon konsumen, apabila mobil incaran itu tidak memenuhi ekspektasi. Gerai-gerai berjaringan baik biasanya memiliki stok mobil yang beragam.

Bawa ke bengkel resmi

Jika Anda sudah menentukan pilihan mobil bekas tapi tidak kompeten dalam menilai kelayakan mesin, Anda bisa membawa mobil tersebut ke bengkel resmi dengan ditemani tenaga penjual gerai mobil bekas.

Untuk langkah ini, Anda akan mengeluarkan dana pemeriksaan mobil dari kantong sendiri. Namun, hal itu lebih baik ketimbang mobil incaran Anda ternyata bermasalah setelah dibeli.

Selain itu, penjual mobil bekas berkualitas biasanya siap membuktikan kelayakan barang dagangannya, dan bersedia mobilnya diperiksa oleh teknisi lain.

BISNIS

 
Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi