Jelang Mudik Peminat Mobil Bekas di OLX Naik, MPV Paling Dicari
Reporter: Wisnu Andebar
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 17 Mei 2019 15:32 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Menjelang musim mudik 2019, data situs jual beli online, OLX Indonesia, untuk mobil bekas mencatat setidaknya ada kenaikan 9,3 persen atau setara hampir 250 ribu calon pembeli.  

Bahkan calon pembeli yang serius mengontak langsung penjual naik 13,1 persen atau hampir 750 ribu orang. Jumlah ini tentunya lebih tinggi dibandingkan sebelum bulan Ramadan.

Adapun model mobil bekas yang banyak dicari untuk mudik lebaran masih di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV). Dalam hal ini OLX masih terus memantau tren pencarian mobil menjelang Lebaran ini. 

Baca juga: Mobil Bekas Toyota Calya Laris Menjelang Mudik 2019, Harganya

Head of Automotive Category OLX Indonesia, Ivo Wassenaar mengatakan, jumlah pencarian mobil bekas di OLX mengalami kenaikan karena adanya kebutuhan kendaraan untuk mudik lebaran. Banyak masyarakat yang memanfaatkan OLX untuk mencari mobil bekas yang akan digunakan untuk mudik.

“Peningkatan jumlah calon pembeli ini tidak hanya terjadi di awal bulan Ramadan saja, tetapi akan terus meningkat hingga jelang Lebaran nanti,” ujarnya dalam keterangan resmi Kamis, 16 Mei 2019.

Sebaliknya, di awal bulan Ramadan permintaan mobil bekas di WTC Mangga Dua mengalami penurunan dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. 

Senior Manager WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih, mengklaim penurunan penjualan mobil bekas menjelang Lebaran tahun mencapai 30 persen. Menurutnya penurunan tersebut menjadi yang terparah dibanding tahun-tahun sebelumnya.

"Turun 20-30 persen dari kondisi yang sama dari sebelum Ramadan tahun lalu. Sampai bulan kemarin itu hanya 2.000 unit lebih sedikit biasanya bisa 2.600 unit," ujarnya saat dihubungi Tempo, Selasa 7 Mei 2019.

Baca juga: Penjualan Mobil Bekas untuk Mudik Alami Penurunan, Penyebabnya..

Jika tahun ini pada periode sebelum Ramadan penjualan mobil bekas di WTC Mangga Dua hanya mencapai 2.000 unit, pada tahun sebelumnya bisa mencapai 3.000 unit. Artinya angka tersebut menunjukan jumlah penurunan yang signifikan.

"2.600 - 3.000 unit bisa (terjual), baru tahun ini. Dibanding tahun lalu nggak benar ini," ucapnya.

Situasi politik, terutama pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 diklaim sebagai salah satu faktor yang membuat penjualan mobil bekas menjelang mudik 2019 menurun. 

WISNU ANDEBAR | KHAIRUL IMAM GHOZALI


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi