Ini Penyebab Penjualan Mobil Kabin Ganda 2019 Melambat
Reporter: Bisnis.com
Editor: Eko Ari Wibowo
Rabu, 3 Juli 2019 12:02 WIB
Mitsubishi Triton Absolute. Sumber: motor1.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Penjualan mobil kabin ganda sepanjang Januari hingga Mei 2019 tercatat mengalami pelambatan, seiring dengan pelemahan harga sejumlah komoditas seperti sawit dan batu bara.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), selama 5 bulan pertama 2019, kinerja penjualan kabin ganda (double cabin) anjlok 25,29 persen dibandingkan dengan capaian pada periode yang sama 2018.

Baca Juga: Suzuki Jimny Gan dan Vitara Katana Debut di Italia

Sepanjang Januari-Mei 2019, penjualan kendaraan bermotor tipe mobil kabin ganda tercatat sebanyak 5.321 unit. Padahal, pada periode yang sama tahun lalu, penjualannya mencapai 7.122 unit.

Masih dari Gaikindo, terdapat empat pemain utama yang memasarkan double cabin yakni Isuzu dengan D-Max, Mitsubishi Motors dengan New Triton, Nissan melalui New Navara dan Toyota Hilux. Mitsubishi Motors sejauh ini menjadi penguasa pasar untuk kabin ganda.

"Pasar otomotif nasional pada awal tahun ini sedikit melambat termasuk double cabin," ujar Presiden Direktur PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura, Selasa 2 Juli 2019.

Baca Juga: Si Thole Mobil Imut Pengangkut Wisatawan Keliling Keraton Yogya

Pasar double cabin saat ini lebih banyak menyasar sektor komoditas seperti perkebunan, pertambangan, oil and gas, serta pemerintah. Dengan pasar sekitar 2.000-an per tahun, hampir semua model kabin ganda didatangkan secara utuh dari Thailand.

Dia mengaku mengetahui bahwa sektor pertambangan batu bara dan harga sawit tengah mengalami penurunan harga.

BISNIS

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi