Motor Listrik Rakitan Cirebon Segera Meluncur, Simak Harganya
Reporter: Anwar Siswadi (Kontributor)
Editor: Wawan Priyanto
Kamis, 11 Juli 2019 07:00 WIB
Motor Listrik SDR. (Dok Arindo Pratama)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ikut mengenalkan produk motor listrik asal Cina di Bandung beberapa waktu lalu. PT Arindo Pratama di Bandung merakit kendaraan itu di pabriknya di Cirebon, Jawa Barat. Produksi dan penjualannya secara massal menunggu regulasi pemerintah soal kendaraan listrik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Chief Executive Officer PT Arindo Pratama Soegeng Rijadi mengatakan, rintisan sepeda motor listrik bermerk SDR itu sejak 2017. Penggunaannya untuk kendaraan operasional PT PLN. “Cuma waktu itu dulu impor semua,” kata Soegeng kepada Tempo, Rabu, 10 Juli 2019. Motor itu belum dijual melainkan disewakan ke PT PLN.

Baca juga: Motor Listrik Gesits Model Baterai Swap Dijual 2019, Ini Harganya

Motor serupa yang dibeli Ridwan Kamil seharga Rp40 juta, kini memakai kandungan lokal sekitar 40 persen. Misalnya kata Soegeng, seperti ban, shock breaker, rem, termasuk baterai. “Charger dan Battery Management System (BMS) kami bikin sendiri,” ujarnya.

Sementara bagian yang masih diimpor dari Cina seperti rangka, dinamo motor, dan kontrol panel, serta aksesoris motornya. Rencananya kandungan lokal sepeda motor listrik itu akan dinaikkan hingga 70 persen. “Saat ini untuk motor listrik jenis trail sudah 70 persen,” kata Soegeng.

Baca juga: Yamaha Sedang Siapkan Motor Listrik dengan Kecepatan 100 KM

Pihaknya merancang tiga varian sepeda motor listrik rakitan itu. Jenis pertama yang sudah dipakai yaitu berpenampilan motor sport. “Pemakaiannya untuk di kota, tidak untuk daerah yang menanjak,” ujarnya.

Jenis kedua motor trail namun perizinannya belum keluar sehingga belum bisa pakai Surat Tanda Naik Kendaraan (STNK). Adapun jenis motor listrik ketiga yaitu untuk perempuan dengan memakai gigi (gear). Harga motor listrik itu Rp35 juta, jenis trail Rp70 juta, sementara varian terakhir belum ditentukan.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi