Mobil Kepresidenan Era Pak Harto Dipamerkan, Masih Mulus
Reporter: Friski Riana
Editor: Wawan Priyanto
Sabtu, 17 Agustus 2019 08:29 WIB
Sedan Cadillac yang pernah digunakan Presiden Soeharto dipajang untuk hiburan foto tamu undangan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-74 di halaman Istana Negara, Jakarta, 17 Agustus 2019. Tempo/Friski Riana
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Dua unit mobil kepresidenan era Presiden Soeharto dipajang di Istana Negara bertepatan dengan perayaan HUT RI Ke-74.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Tahun ini kami sajikan dua mobil saja, masih ada di gudang beberapa kendaraan. Tapi tahun ini kami pajang dua biar ada hiburan undangan sambil foto-foto," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sabtu, 17 Agustus 2019.

Menurut Heru, mobil Cadillac yang masih menggunakan setir kiri itu dipesan khusus pemerintah Indonesia pada 1987 untuk keperluan dinas presiden. Presiden kedua RI itu menggunakan mobil tersebut sejak pertama kali dibeli hingga 1990.

Meski sudah berusia 32 tahun, Heru mengklaim mobil itu masih dapat dikendarai. Namun, hanya untuk jarak dekat. "Ini masih jalan, masih bisa dipakai. Kalau mau bisa dicoba keliling," ujarnya.

Mobil kepresidenan itu menjadi daya tarik tersendiri bagi peserta upacara HUT RI ke-74. Mereka memanfaatkan momentum itu untuk berswafoto di depan dua mobil berplat "Tamu Negara" dan "Indonesia 1" itu.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi