Trump Pamerkan Mobil Kepresidenan di Singapura, Simak Versi Baru
Reporter: Terjemahan
Editor: Eko Ari Wibowo
Kamis, 14 Juni 2018 14:59 WIB
Mobil Kepresidenan Donald Trump versi terbaru yang sedang menjalani pengujian. Sumber: motor1.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta -Presiden Amerika Serikat Donald Trump memamerkan mobil kepresidenannya kepada pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un saat pertemuan di Singapura. Saat itu, Trump mempersilakan Kim untuk melongok interior mobil andalannya saat melakukan kunjungan kenegaraan. Diduga, Trump ingin membuat Kim takjub akan teknologi keamanan bagi seorang Presiden Amerika Serikat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ternyata mobil yang dipamerkan Trump adalah model lama 2009 peninggalan dari presiden sebelumnya Barrack Obama. The Beast nama yang disematkan untuk limusin tersebut. The Beast memiliki berat 8 ton dan memiliki pintu baja tebal 8 inci yang beratnya sama dengan yang ada pada Boeing 757 dan disegel untuk menahan serangan biologi dan kimia. Bodi mobil memiliki militer grade dan ketebalan 5 inci yang anti bom dan tangki bahan bakar didesain resistan meledak. Sasisnya menggunakan model truk heavy duty. Ban mobil tahan banting dan roda-rodanya telah diperkuat pelek baja yang kuat jika empat ban meledak masih akan tetap bisa melaju.

Baca: Donald Trump Pakai Mobil Kepresidenan Cadillac, Ini Kelebihannya

Mobil Negara Kepresidenan ini dilengkapi dengan persenjataan seperti meriam gas air mata dan senapan. Bahkan ada botol berisi darah presiden untuk tranfusi darah dalam keadaan darurat medis. Kendaraan ini dilengkapi dengan kamera penglihatan malam, pelacakan GPS dan sistem komunikasi satelit untuk memungkinkannya berjalan dalam kondisi apa pun dan memastikan Presiden selalu berhubungan.

Pada awal tahun ini, mobil kepresidenan terbaru menjalani pengujian dengan menggunakan kamuflase di Milford, Michigan oleh General Motors. The Beast adalah limusin dengan platfom truk heavy duty untuk sasis yang kuat. Pada model baru, nampak bahwa memiliki ground clearance yang sangat tinggi dan bodi yang besar. Bentuk yang besar untuk mengakomodasi bodi antibom, roda yang besar setara dengan ban truk untuk menyokong bodi yang berat.

Baca: Mudik Pakai Mobil Menggunakan BBM RON Rendah Berdampak BurukDibandingkan dengan Beast saat ini, yang satu ini mengadopsi desain model Cadillac yang lebih baru, dengan lampu DRL vertikal dan gril yang dirancang ulang. GM terakhir memperkenalkan limo kepresidenan baru pada 2009 bertepatan dengan pelantikan Presiden Barack Obama; dirancang untuk menyerupai sedan Cadillac STS dan DTS, keduanya belum dijual. Cadillac menawarkan beberapa rincian teknis pada model, yang diungkap dalam siaran pers 2009, “Mobil itu dirancang, dikembangkan dan diuji oleh spesialis yang menganut spesifikasi yang paling tinggi. Mobil menjalani pengujian ekstrim untuk memastikan kinerja yang mencapai persyaratan fungsional yang tepat."

Siaran pers Secret Service yang dikeluarkan pada pengenalan mobil yang akan dipakai Trump juga tidak jelas tentang kemampuan The Beast: "Meskipun banyak peningkatan keamanan kendaraan tidak dapat didiskusikan namun yang jelas sistem keamanan dan alat komunikasi mobil ini membuatnya memberikan perlindungan dengan teknologi paling maju di dunia."

MOTOR1

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi