Produksi Mobil Listrik, Toyota: Pabrik di Indonesia Siap
Reporter: Khairul Imam Ghozali
Editor: Wawan Priyanto
Sabtu, 17 Agustus 2019 18:19 WIB
Toyota Astra Motor memamerkan 13 unit mobil berteknologi hybrid di IIMS 2019, termasuk Toyota C-HR Hybrid yang baru dluncurkan pada 22 April 2019. TEMPO/Wawan Priyanto.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Toyota Merupakan produsen paling banyak yang sudah menjual mobil listrik kategori hybrid di Indonesia. Namun hingga saat ini semua produk hybrid Toyota masih diimpor dari negara lain.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lantas siapkah Toyota merakit lokal mobil listrik di Indonesia?

Menjawab pertanyaan tersebut Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) mengaku dari sisi pabrik sudah siap untuk mengembangkan dan memproduksi mobil listrik.

"Sebenarnya nggak ada masalah karena mobilnya ya bentuk mobil pada umumnya, tetap butuh frame, butuh suspensi, dan butuh body, dan lainnya. Saya rasa pabrik nggak jadi masalah," ujarnya kepada wartawan, di Jakarta, Beberapa waktu lalu.

Namun yang jadi masalah ialah komponen utama mobil listrik yakni baterai. Jimmi menjelaskan bahwa saat ini bukan hanya Toyota tapi di Indonesia belum ada yang punya pabrik untuk memproduksi baterai.

Hal itulah yang Jimmi katakan sedang dipersiapkan oleh Toyota.

"Yang saya katakan tadi yang perlu dibangun dan dipersiapkan adalah maslah baterainya. Jadi supply dari baterainya bagaimana nanti kami punya pabrik untuk baterainya sendiri karena baterai sampai saat ini belum ada pabriknya di Indonesia," jelas Jimmi.

Jimmi menambahkan jika memang nantinya Toyota mengembangkan baterai secara lokal kemungkinan tidak akan menambah pabrik.

"Itu nanti hanya pemasok aja, jadi baterai ini kan salah satu komponen utama dari mobil listrik itu sendiri jadi baik hybrid maupun BEV butuh baterai, jadi tinggal ukurannya aja mau besar atau kecil," ujarnya.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi