5 Penyebab Bunyi Gemuruh Muncul dari Ban Mobil
Reporter: Tempo.co
Editor: Eko Ari Wibowo
Jumat, 23 Agustus 2019 14:19 WIB
Proses Servis yang sedang dilakukan mekanik bengkel Auto2000 terhadap mobil customer. Dok Auto2000
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Suara gemuruh akan muncul saat mobil digeber akan bertambah kencang ketika ketika melewati jalanan beton. Tak hanya membuat kenyamanan menjadi hilang namun juga bisa berimbas keselamatan. Alasannya, bunyi gemuruh bisa ditimbulkan salah satunya adalah permukaan ban mobil yang tidak rata.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Seperti dikutip dari Auto2000.co.id, permukaan ban mobil yang tidak rata disebabkan oleh keausan ban. Jenis keausan permukaan ban juga berbeda-beda. Berikut adalah penyebab permukan ban tidak rata :

1. Keausan ban di bagian tengahApabila ban mobil aus tapi hanya di bagian tengahnya saja, hal tersebut menandakan tekanan angin ban terlalu tinggi. Sehingga bagian tengah ban akan lebih menonjol karena memang bagian tengah ban dibuat lebih tinggi. Sehingga hanya bagian tengah ban yang bergesekan dengan permukaan jalan, inilah yang membuat bagian tengah ban akan aus lebih cepat.

2. Keausan ban di bagian samping luar dan dalamKebalikan dari yang pertama, apabila tekanan angin berlebih maka bagian tengah akan lebih menonjol tapi kalau tekanan angin ban di bawah standar maka ban akan kempes. Saat ban kempes, maka lebar ban akan menjadi lebih besar karena bagian samping ban akan menjadi titik tumpu kendaraan. Dengan kata lain, saat ban kempes bagian samping ban yang akan bergesekan dengan aspal sehingga keausan ban dibagian samping akan lebih cepat.

3. Keausan ban di bagian luar sajaApabila hanya bagian luar ban yang mengalami keausan? ini artinya posisi ban tidak garis lurus dengan permukaan jalan. Dengan kata lain sisi atas ban lebih keluar daripada sisi bawah ban. Kondisi ini sering disebut dengan positive camber. Solusinya adalah, anda perlu melakukan standarisasi terkait kaki-kaki pada mobil anda.

4. Keausan ban di bagian dalam sajaSementara apabila ban bagian dalam saja yang aus, maka ini artinya negative camber terlalu besar. Negative camber adalah kondisi dimana sisi bawah ban lebih keluar dibandingkan sisi atas ban.

Solusi untuk masalah ini, yakni memperhatikan kondisi bushing, spring dan shock absorber, kalau lemah segera ganti. Selain itu perhatikan barang bawaan/beban yang masuk ke dalam mobil, pastikan tidak berlebihan.

5. Keausan ban yang acak dan tidak merataTerkadang ada kondisi dimana permukaan ban aus tapi tidak merata. Selain itu, permukaan ban juga cenderung berbulu seperti terkena gesekan. Ternyata ini disebabkan karena sudut toe yang tidak tepat. Sudut toe adalah posisi roda dimana bagian sisi depan roda dan sisi belakang roda tidak lurus. Apabila sisi depan roda lebih keluar itu dinamakan “toe out”, sementara kalau sisi belakang roda lebih keluar dinamakan “toe in”. Untuk mengatasi hal ini maka harus dilakukan balancing roda dan spooring.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi