Honda PCX 150 Siap Menggendong Teknologi VTEC yang Beken di Jazz
Reporter: Terjemahan
Editor: Eko Ari Wibowo
Jumat, 23 Agustus 2019 18:11 WIB
Test Ride Honda PCX Hybrid akselerasinya mengalami peningkatan. Dok AHM
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaHonda PCX 150 mengandalkan mesin 150cc SOHC dengan dua katup secara performa hanya kalah tipis dibandingkan Yamaha Nmax yang menggunakan mesin 150cc 4 katup dengan VVA. Namun secara penjualan Honda PCX 150 harus bertekuk lutut dari Nmax sebagai rajanya matik 150cc.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Saat ini, mesin Honda PCX mengandalkan konfigurasi langkah 57,3 mm x 57,9 mm yang menghasilkan tenaga 14,7 PS dengan 8.500 rpm atau torsi 1,35 kgf.m dengan 6.500 rpm. Adapun mesin Yamaha Nmax dengan 58,0 mm x 58.7 mm yang menghasilkan tenaga 11.1 kW pada8000 rpm dengan torsi maksimum 14.4 Nm pada 6000 rpm.

Meski usia terbilang muda, Honda Motors Jepang telah menyiapkan amunisi baru agar tidak kalah bersaing dengan Nmax dan Aerox. Situs web kojintekibikematome.blog.jp dari Jepang telah mengungkapkan sketsa hak paten mesin injeksi baru Honda, yang diduga berkapasitas 150cc karena memiliki kemiripan tampilan radiator dengan Honda Vario maupun Honda PCX.

Paten mesin Honda PCX dengan 4 katup dan VTEC. Sumber: http://kojintekibikematome.blog.jp

Pada gambar pertama terlihat jelas bahwa jumlah katup mesin akan meningkat dari 2 katup pada model saat ini menjadi 4 katup sebagai gantinya. Para pengguna motor berharap dengan sistem 4 katup mampu dipacu dengan performa tinggi. Selain teknologi 4 katup, mesin baru ini akan menggendong teknologi katup variabel yang di mesin Honda dikenal VTEC.

Paten mesin Honda PCX dengan 4 katup dan VTEC. Sumber: http://kojintekibikematome.blog.jp

Teknologi VTEC terlihat pada bagian nomor 69, yang merupakan aktuator dari sistem katup variabel yang mengontrol katup masuk dan buang dalam siklus mesin yang berbeda. Pada prinsip ini untuk mendongkrak mesin memiliki akselerasi yang konsisten di area kecepatan rendah, sedang, dan tinggi. Dengan sistem katup variabel Honda yang disebut VTEC, yang sebelumnya telah digunakan pada mobil dan motor dengan kapasitas 400cc. Namun, rincian sistem katup variabel baru pada motor Honda berbeda.

Menurut sumber memperkirakan bahwa model All new Honda PCX mungkin tidak akan meluncur dalam waktu dekat. Dengan adanya pengembangan mesin, Honda PCX dengan mesin VTEC akan hadir pertengahan 2021. Disebut-sebut, Thailand sebagai sumber produksi, seperti pada model sebelumnya.

GREAT BIKER | KOJINTEKIBIKMATOME

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi