PPD dan Garuda Indonesia Pesan Ratusan Bus Listrik Moeldoko
Reporter: Khairul Imam Ghozali
Editor: Wawan Priyanto
Selasa, 10 September 2019 14:07 WIB
Bus listrik Mobil Anak Bangsa (MAB) untuk pertama kalinya hadir dalam Pameran otomotif khusus kendaraan komersial Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018 di Jakarta, 1 Maret 2018. GIICOMVEC 2018 di iikuti 14 agen pemergang merk kendaraan komersial yang berpameran. Tempo/Tony Hartawan

GOOTO.COM, Jakarta - Produk bus lisrtrik besutan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, yakni PT Mobil Anak Bangsa, diklaim sudah terpesan ratusan unit. Pemesanan itu datang dari Perum Pengangkut Penumpang Djakarta (PPD), dan maskapai penerbangan Garuda Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Moeldoko pada ajang Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019 beberapa waktu lalu di Balai Kartini, Jakarta. Ia menyebut mobil akan mulai resmi dijual pada tahun depan.

"Unit sedang kami kerjakan 2020, dari PPD sudah minta 130 unit. Garuda juga minta. Beberapa juga minta," ujarnya kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Belum jelas PPD memesan bus listrik PT MAB untuk apa, namun Moeldoko memperkirakan untuk dijadikan bus Transjakarta. Sedangkan Garuda untuk bus operasionalnya di bandara.

"Kayanya Transjakarta. Garuda untuk bandara," ucapnya.

Lanjut Moeldoko menegaskan, bahwa produk bus listrik PT MAB saat ini sudah lolos uji tipe dari berbagai regulasi yang diberlakukan instansi pemerintah terkait. Seperti Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Perindustrian.

"Sudah lolos semua, perhubungan sudah, Kemenperin sudah," tegasnya.

PT MAB sendiri pertama kali hadir ke hadapan publik pada pameran otomotif khusus mobil komersil bertajuk Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018 yang diselenggarakan Gabungan Industri Kendraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Ketika itu, prototipe bus listrik MAB sudah dipamerkan. 

#bus listrik
#Mobil Anak Bangsa
#PPD
#Garuda Indonesia

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi