Trik Melepas Ban Mobil Tanpa Membuat Baut Rusak
Reporter: Gooto.com
Editor: Eko Ari Wibowo
Selasa, 1 Oktober 2019 08:45 WIB
Layanan servis di bengkel Auto2000. Dok Auto2000
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaBan mobil yang kendur karena pemasangan ban yang tidak benar sudah pasti akan membuat risiko terjadinya kecelakaan semakin besar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Seperti dikutip dari laman Suzuki, melepas ban harus terlebih dulu melonggarkan mur roda dan hal tersebut ada tekniknya atau dilakukan dengan cara yang benar. Bagaimana caranya? Saat melepas mur lakukanlah dengan teknik urutan menyilang antar mur, dan tidak boleh berurutan. Tidak boleh dilakukan berurutan supaya tekanan yang mengikat mur terlepas secara merata.

Tetapi, yang paling krusial dalam hal mur roda ini biasanya terjadi pada saat pemasangan ban. Anda sangat disarankan untuk memastikan lebih dulu bahwa pelek ban sudah benar-benar pas pada tempatnya dan tidak miring. Lalu, pada saat mengencangkan mur juga harus cermat. Prosesnya tidak beda dengan yang dilakukan pada saat pengenduran mur, dengan urutan menyilang.

Sebelum melakukan pengencangan mur roda, harus diketatkan terlebih dulu. Jangan langsung mengencangkan supaya semua mur menempel dengan benar pada tempatnya. Dengan begitu, pelek ban pun akan menempel dengan tepat pada tempatnya.

Hal terpenting lainnya, pada saat melonggarkan mur ketika melepas roda atau mengencangkannya kembali saat memasang roda, pemilik mobil sangat dianjurkan untuk tidak cuma mengencangkan dengan memakai tenaga tangan saja namun dengan peralatan kunci torsi. Hanya saja ketika darurat boleh dilakukan dengan catatan hanya untuk sementara.

Hindari juga mengencangkan atau melonggarkan baut pada ban mobil dengan cara menginjak kunci roda atau menghentak hal ini bisa menyebabkan baut dol atau patah.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi