Ini Tanda Velg Racing Menggunakan Ban Tubeless
Reporter: Gooto.com
Editor: Eko Ari Wibowo
Sabtu, 8 Februari 2020 19:34 WIB
Yamaha New Fino Tubeless dan Ban Lebar 125cc Blue Core
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Kini banjir beragam velg palang atau lebih dikenal velg racing. Banyak biker yang mengira bahwa semua velg model racing bisa dipakai untuk ban tubeless. Model ban tube dan ban tubeless memiliki model bibir ban yang berbeda. Apalagi velg racing untuk dua jenis ban ini juga memiliki spesifikasi yang berbeda. Velg racing khusus ban tubeless umumnya punya tulisan "For Tubeless" atau memiliki kode MT sebelum lebar pelek.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Seperti dikutip di laman Suzuki, kode MT itu menandakan pelek racing bisa untuk tubeless misalnya MT1.65. Kode ini bukan sembarangan karena pabrikan pelek pun tidak berani memasang ban tubeless jika tidak ada kode itu. Namun sayang, masih cukup banyak pengguna motor yang kurang atau belum paham mengenai kode pelek untuk ban tubeless.

Mereka yang nekat memasang ban tubeless padahal peleknya tidak cocok untuk dipasang ban tubeless biasanya akan mendapati ban tubeless yang baru saja dibelinya bocor halus. Tidak sedikit dari mereka yang mengeluh baru dua minggu membeli ban tubeless baru tapi sudah bocor alus. Ternyata penyebabnya bukan dari kualitas ban tubeless itu sendiri melainkan karena memakai pelek racing tapi bukan peruntukan untuk memakai tubeless sehingga terjadilah bocor halus.

Hal ini menjadi sangat penting untuk diperhatikan karena ternyata sampai saat ini beberapa pedagang pelek aftermarket juga belum tahu mengenai hal tersebut. Sebaiknya pemilik motor bisa berkonsultasi dengan mekanik resmi dari merek motor. Ada baiknya menggunakan velg maupun ban sesuai rekomendasi pabrik sehingga penggunaannya lebih aman dan tidak beresiko terutama keselamatan bagi pengendara.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi