Great Wall Motors Siap Ekspansi Bisnis ke Pasar India
Reporter: Wira Utama
Editor: Wawan Priyanto
Rabu, 12 Februari 2020 06:18 WIB
Great Wall Motors di pameran otomotif Delhi Auto Expo, 6 Februari 2020. (China Daily)

GOOTO.COM, JakartaGreat Wall Motors sebagai produsen SUV dan pick up terbesar Cina berencana memasuki pasar mobil India pada 2021.

"India telah menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia dengan pasar mobil yang menjanjikan. Itu menjadikannya tujuan investasi bagi sebagian besar perusahaan mobil," ujar Direktur Penjualan dan Pemasaran GWL, Hardeep Sing Brar seperti dikutip dari China Daily.

Pada tahun 2019, India merupakan salah satu negara dengan penjualan mobil sekitar 3 juta unit, setelah Cina, Amerika Serikat, dan Jepang.

"Kami sangat senang melihat peluang kedepan, karena India adalah pasar yang penting bagi kami. Dengan pusat R&D di Bangalore dan sekarang partisipasi kami di Auto Expo edisi ke-15, kami ingin lebih jauh memastikan pentingnya India sebagai pasar strategis inti, " kata Bos Great Wall Motors, Wei Jianjun kepada Economic Times India dalam sebuah pernyataan menjelang pameran.

Perusahaan itu mengatakan akan meningkatkan fasilitas penelitian dan pengembangan di Bangalore. Untuk itu mereka akan fokus untuk menciptakan kendaraan cerdas dan aman bagi konsumen India. Upaya meningkatkan investasi seperti R&D, produksi, dan pasokan untuk menjadikan India sebagai basis ekspor ke negara-negara tetangga.

Great Wall Motors sejatinya bukan pemain baru di pasar otomotif global asal Cina. Perusahan ini memulai angkah pertamanya di pasar internasional pada tahun 1998, dengan menjual SUV dan truk pick up.

Selama 20 tahun terakhir, ia telah mendirikan lebih dari 500 dealer di luar negeri dan mengirimkan lebih dari 600.000 unit kendaraan. Hingga saat ini memiliki jaringan penjualan di lebih dari 60 negara dan wilayah dengan dukungan dari lima pusat pemasaran regional di Rusia, Australia, Afrika Selatan, Amerika Selatan dan Timur Tengah.

Produsen mobil itu berkata ketika ekonomi Cina berevolusi, ada tren yang tak terhindarkan bagi merek-merek Cina untuk mengglobal. Tahun lalu, Great Wall Motors membangun pabrik senilai USD 500 juta di Rusia. Pabrik, yang terletak di kota Tula, sekitar 190 kilometer selatan Moskow itu aalah pabrik pertama di luar negeri yang dimiliki sepenuhnya.

Pabrik mulai berproduksi pada Juni 2019 dan memiliki kapasitas tahunan yang dirancang 150.000 kendaraan, dan sekitar 65 persen komponen akan dibeli secara lokal di Rusia.

Pabrikan itu berharap akan melayani permintaan di pasar Rusia dengan lebih baik dan bekerja sebagai basis untuk terjun ke Eropa timur, termasuk negara-negara tetangga seperti Belarus, Ukraina dan Moldova.

Great Wall Motors mengatakan merek otomotif Cina mengeksplorasi lebih dalam ke pasar luar negeri untuk meningkatkan penjualan dan yang lebih penting untuk meningkatkan reputasi mereka.

"Mobil Cina juga harus go global seperti peralatan rumah tangga Cina, ponsel, dan barang-barang konsumen yang bergerak cepat," kata Wei.

#Great Wall

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi