Xpeng P7, Mobil Listrik Berdaya Jelajah Terjauh Saat Ini
Reporter: Antara
Editor: Wawan Priyanto
Rabu, 11 Maret 2020 08:47 WIB
Sedan sport Xpeng P7. (ANTARA/Xpeng)

TEMPO.CO, Jakarta - Sedan sport Xpeng P7 merupakan mobil listrik dengan daya jangkau terjauh saat ini, 706km untuk sekali pengisian daya baterai, sementara pabrikan besar baru mampu membuat yang berjelajah di bawah 600km.

Perusahaan rintisan China, Xpeng Motors, mengenalkan sedan sport listrik itu pada Pameran Otomotif Internasional Guangzhou pada November 2019.

Xpeng P7 yang dijual pada kisaran harga 270.000-370.000 yuan (Rp560 juta - Rp768 juta) tergantung konfigurasi fiturnya itu kini telah dipesan oleh 15.431 orang pembeli sejak diluncurkan, kata Xpeng Motors di laman resminya, dikutip Selasa, 10 Maret 2020.

Sedan sport Xpeng P7 akan dikrimkan ke penesannya pada kuartal kedua tahun ini jika tidak ada hambatan.

Xpeng P7 memiliki kokpit pintar, dengan panel instrumen lebar tapi ringan, ditambah audiovisual ambien berkualitas tinggi, sistem suara kualitas gedung konser, dan lapisan dengan detail mewah.

Mobil ini dipengkapi dengan Arsitektur Smart Electric Platform dengan NVIDIA DRIVE Xavier ™, chip kendaraan otonom paling canggih milik NVIDIA, dan ditambah prosesor kendaraan papan atas Qualcomm.

P7 didukung dengan 12 sensor ultrasonik, 5 radar Bosch generasi ke-5, lalu 13 kamera penggerak otonom, dan 1 kamera dalam mobil dengan peta HD dan pemosisian presisi tinggi.

Xpeng menyematkan sistem bantuan pengemudi canggih XPILOT 3.0, dapat ditingkatkan ke XPILOT 4.0

Rangkanya dikembangkan bersama dengan Porsche Engineering, disetel oleh tim profesional gabungan Jerman dan China.

Mobil yang mendapatkan peringkat keselamatan bintang 5 dari Cina NCAP ini dilengkapi kontrol peredam kontinu (CDC) plus sistem pengereman Brembo.

Kokpit interaktif audiovisual pintar P7 berisi 47 perangkat penginderaan dan hampir 50 perangkat interaksi manusia-mobil, didukung oleh lebih dari 30 teraflop daya komputasi.

Kokpit P7 dilengkapi dengan sistem suara Dynaudio Confidence tingkat atas 18-speaker dengan pencahayaan ambient untuk menciptakan suasana immersive gedung konser yang sepenuhnya responsif terhadap preferensi pengguna.

Sebagai bagian dari pembangunan mobilitas pintar ekosistem Xpeng, P7 akan menjadi mobil produksi pertama yang membawa Program Mini Alibaba di dalam mobil, dan kunci virtual Bluetooth (kunci digital NFC) akan pertama kali tertanam dalam perangkat Xiaomi seperti ponsel, jam tangan pintar dan gelang.

P7 akan dikirimkan melalui jaringan ritel Xpeng yang berkembang, dengan 86 toko penjualan sudah ada pada akhir Oktober, naik menjadi lebih dari 100 pada akhir tahun.

Jaringan ini juga terdiri dari 49 pusat layanan yang sudah beroperasi, meningkat hingga hampir 100 pada akhir tahun.

Lebih dari 200 stasiun pengisian daya mobil listrik Xpeng saat ini beroperasi di 30 kota, berkembang menjadi 1.000 selama tiga tahun ke depan. Lebih dari 100.000 stasiun pengisian daya listrik pihak ketiga terhubung ke jaringan pengisian daya nasional Xpeng.

Xpeng baru-baru ini mengumpulkan US$400 juta dalam penggalangan dana Seri C, memperkenalkan Xiaomi Corporation sebagai investor strategis baru.

#Mobil Listrik
#Xpeng
#Xpeng Motors

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi