Felipe Massa, Penguasa GP Eropa
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 24 Agustus 2008 21:07 WIB
Pembalap F1 asal Brazil, Felipe Massa merayakan kemenangannya dalam ajang Grand Prix di Valencia, Spanyol, Minggu (24/08). (AP Photo/Victor R. Caivano)
Felipe di GP EropaTEMPO Interaktif, Valencia:Pembalap Brasil Felipe Massa berhasil finis terdepan untuk menjadi juara GP Eropa. Di lintasan Sirkuit anyar Valencia pembalap Ferrari itu mampu mengalahkan pembalap McClaren Mercedes Lewis Hamilton yang finis di tempat kedua, Minggu (24/8) malam.

Massa yang start terdepan tampil memikat. Melaju kencang dengan mobil Ferrarinya, ia langsung meninggalkan lawan-lawannya. 

Hingga lap 4, Massa yang start terdepan masih memimpin. Ia dibayangi Robert Kubica (BMW), rekannya Raikkonen, Sebastian Vettel (Toro Rosso), Jarno Trulli Toyota), Nico Rosberg (Williams), Nick Heidfeld (BMW), dan Timo Glock (Toyota).

Juara dua kali F1, Fernando Alonso sempat mendapatkan musibah di lap 1, yang membuatnya harus kehilangan sayap depan. Mobilnya Renault bertabrakan dengan mobil pembalap Williams Kazumi Nakajima, yang juga kehilangan sayap depannya. Sempat masuk pit kedua pembalap itu kemudian mengganti kerusakan sayapnya. Tapi nasib berkata lain, pembalap Spanyol itu harus keluar di sirkuit tanah kelahirannya, Valencia.

Hamilton yang masih memimpin klasemen (62poin) terus membayangi Massa hingga lap 9. Tapi pembalap Kuda Jingkrak itu seakan berlari kencang. Pembalap yang terakhir menang pada GP Prancis tersebut terus melesat hingga lap 23, yang dibayangi Hamilton, dan Kubica.

Hingga lap 36 dari Massa yang kontraknya bersama Ferrari berakhir pada 2010 masih belum terkejar. Ia bahkan mampu mencatatkan waktu tercepat 1:38.7, unggul 8,5 detik dari pesaingnya.

Massa yang menggunakan strategi dua pit stop (lap 16, 38) sempat bermasalah ketika keluar dari pit kedua. Mobilnya sempat hampir bertubrukan dengan mobil pembalap Force India, Adrian Sutil..

 

Sayang keunggulan Massa gagal diikuti rekannya Kimi Raikkonen. Mobil Kuda Jingkrak The Iceman, tiba-tiba meledak pada lap 47 yang membuatnya harus keluar dari race.

Kemenangan ini adalah hasil bersejarah bagi Massa. Ia mampu menguasai podium keempatnya (GP Bahrain, Turki, Prancis) musim ini, di lintasan jalanan Valencia, yang baru saja resmi dimasukkan sebagai kalender F1 musim ini.

 

Finis di posisi ketiga pembalap BMW Robert Kubica.

Hasil GP Eropa

1:Felipe Massa             1:35:32.339

2Lewis HamiltonMcLaren

3Robert KubicaBMW

4Heikki KovalainenMcLaren

5Jarno TrulliToyota

6Sebastian VettelToro Rosso

7Timo GlockToyota

8Nick HeidfeldBMW

9Nico RosbergWilliams

10Mark WebberRed Bull

11Jenson ButtonHonda

12Giancarlo FisichellaForce India

13Nelson PiquetRenault

14Sebastien BourdaisToro Rosso

15Adrian SutilForce India

16Rubens BarrichelloHonda

17Kazuki NakajimaWilliams

18David CoulthardRed Bull

19Kimi RaikkonenFerrarikeluar

20Fernando AlonsoRenaultkeluar

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi